MENINGKATKAN KEAKTIFAN GENERASI BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS)

-

Authors

  • Sofa Sofiana
  • Wanda Lifia
  • Agi
  • Suci Hidayani UIN K.H Abdurahman Wahid Pekalongan

Keywords:

HOTS, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Siswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis serta mampu menghadapi tantangan zaman. Seorang siswa dengan keinginan yang kuat untuk menghadapi akan menumbuhkan rasa orientasi mereka sendiri dan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Tujuan penelitian ini adalah menguji kemampuan siswa SD N Rowolaku menggunakan pembelajaran berorientasi High Order Thinking Skill ( HOTS ) dan keaktifan dalam muatan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dari menggabungkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber data dan hasil wawancara, hasil observasi dan catatan tertulis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berorientasi HOTS dan keaktifan ditempuh melalui tahap 1) Menganalisis target Kompetensi, 2) Pemilihan model pembelajaran tanya jawab, 3) Kegiatan Pembelajaran, 4) Evaluasi, 5) Refleksi. Implementasi pembelajaran berorientasi HOTS membantu siswa dalam pembelajaran agar lebih aktif pada tubuhnya kemampuan keaktifan pada siswa dan dapat memudahkan dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

References

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. . (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS TINGGI. Review Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian , 8 (1), 84–90.

Budiarta, K., Harahap, M. H., & Faisal, E. M. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102-111.

Ciptarani, R. D., Rusdin, & Yudiawan, Agus. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di MI Sains Al-Hidayah Kota Sorong. Misool: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (2), 52-58.

Davidi, E., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 11 (1), 11-22.

Pratiwi, U., & Fasha, EF (2015). Pengembangan instrumen penilaian berbasis kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA , 1 (1), 123-142.

Siyam, H. R., & Siswantari, H. (2022, July). Strategi Guru Dalam Menghadapi Siswa Pasif Saat Daring di SD Muhammadiyah Gendeng. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 2, No. 1, pp. 908-912).

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.

Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 82-95.

Downloads

Published

2023-08-08