IMPLEMENTASI METODE FIELD TRIP DALAM ACTIVELY OPEN-MINDED THINKING

Authors

  • Roma Aristiyanto UIN K. H. Abdurrahman Wahid
  • Yunestria Rizkiana UIN K.H. Abdurrahman Wahid

Keywords:

Metode Field Trip, Actively Open-Minded Thinking, Big Five Personality

Abstract

Perkembangan terknologi saat ini telah mendorong manusia untuk mengejar kepuasan instan, yang pada gilirannya membuat berbagai informasi dapat diakses dengan mudah, namun berdampak negatif pada kemampuan berpikir kritis seseorang. Selain permasalahan teknologi, pendidikan di Indonesia juga menghadapi permasalah penting dalam berpikir kritis peserta didik. Salah satu bagian dari disposisi yang dipandang melandasi berpikir kritis adalah gaya berpikir aktif-terbuka (Actively Open-Minded Thinking). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi metode Field Trip dalam Actively Open-Minded Thinking yang dapat dilihat dari indikator kepribadian peserta didik (Big Five Personality). Jenis penelitian ini yaitu Field Research dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Field Trip dapat membentuk kemampuan Actively Open-Minded Thinking berupa memiliki pandangan yang terbuka, membuka sudut pandang yang berbeda, mempelajari kemampuan baru, meningkatkan kemandirian, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, kemampuan bersosialisasi, beradaptasi, bekerja sama, melatih perilaku sopan, mengatasi kejenuhan belajar
di kelas, dan meningkatkan rasa percaya diri.

References

Anwar, K. (2018). Kreativitas sebagai Solusi Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Baron, J., & Gross, J. (2018). How to Think About Weird Things: Critical Thinking for a New Age. McGraw-Hill Education.

Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1992). Revised NEO Personality Inventory (NEO-PI-R) and NEO Five-Factor Inventory (NEO-FFI) Professional Manual. Psychological Assessment Resources.

Fadlil, A., Prastowo, A., & Sriyanto. (2020). Teori Akrasia dan Kondisi Peserta Didik di Indonesia: Antara Kognisi, Aksiologi, dan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2).

Fitriyani, A., Sujana, A., & Muhibbin, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Field Trip pada Mata Pelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Actively Open-Minded Thinking (AOM) Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Humaniora, 9(3).

Hidayat, H. (2020). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).

Krumrei-Mancuso, E. J., & Rouse, S. V. (2016). The Interplay of Actively Open-Minded Thinking and the Big Five Personality Traits in the Prediction of Global Life Satisfaction. Personality and Individual Differences, 102.

Ma’ruf, M. I., Tilaar, H. A., & Sari, S. P. (2021). Pembelajaran Aktif Berbasis Field Trip Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Actively Open-Minded Thinking Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2).

Pennycook, G., Cheyne, J. A., Barr, N., Koehler, D. J., & Fugelsang, J. A. (2016). On the Reception and Detection of Pseudo-Profound Bullshit. Judgment and Decision Making, 11(6).

Ramdani, F., & Fajar, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran pada Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Inovasi dan Transformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1).

Santosa, S. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Field Trip dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS di SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9).

Santoso, R. (2019). Kritik Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).

Sedikides, C., & Gebauer, J. E. (2010). Religiosity As Self-Enhancement: A Meta-Analysis of the Relation Between Socially Desirable Responding and Religiosity. Personality and Social Psychology Review, 14(1).

Stanley, W. B. (2011). Critical Thinking and Actively Open-Minded Thinking: A Model of Learning Goal Orientation. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23(3).

Wilmer, H. H., Sherman, L. E., & Chein, J. M. (2017). Smartphones and Cognition: A Review of Research Exploring the Links Between Mobile Technology Habits and Cognitive Functioning. Frontiers in Psychology, 8(1).

Yan, W., & Touron, D. R. (2021). Actively Open-Minded Thinking, Big Five Personality Traits, and Cognitive Ability. Personality and Individual Differences, 168.

Downloads

Published

2023-07-12