IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 2 PEKALONGAN

IMPLEMENTATION OF MERDEKA CURRICULUM MANAGEMENT IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION AT SMPN 2 PEKALONGAN

Authors

  • Nurlaila Ana Ana

Keywords:

Manajemen, Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang di lakukan oleh guru dan siswa disaat pembelajaran dilakukan di kelas. Pada saat ini sekolah mulai menerapkan kurikulum merdeka. Implementasi manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan SMPN 2 Pekalongan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan Kota Pekalongan. yang menyelenggarakan urusan pemerintahan sesuai dengan kewenangannya. Manajemen kurikulum merdeka sangat penting dalam mewujudkan mutu Pendidikan. Tujuan penelitian untuk menganalisis manajemen : (1) pengorganisasian
pembelajaran; (2) perencanaan pembelajaran; (3) evaluasi, pendampingan dan pengembangan professional. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 2 Pekalongan. Subjek penelitian adalah pelaksana manajemen kurikulum merdeka yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan komite pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen implementasi kurikulum merdeka berjalan secara efektif dan bermakna sehingga meningkatkan mutu Pendidikan di SMPN 2 Pekalongan.

References

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research (JOEL), 1(12), 2105–2118. http://bajangjournal.com/index.php/JOEL

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Firdaus, A., Stai, |, Gersik, A.-A., Lombok, K., Ntb, B., & Hadi, A. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Abata (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Hadisaputra, P. (2021). Penelitian Kualitatif The Responses of Religions Outside of Islam toward the Ecological Crisis: A Literature Review View project. https://www.researchgate.net/publication/353587963

Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Program Keunggulan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9–15. http://afeksi.id/jurna/index.php/afeksi

Jamila, S. H. (2023). Pengembangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 14(2), 292–309.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Nur, M., Syukur, U., Malik, F., Studi Budidaya Perairan, P., Sulawesi Barat, U., Barat, S., Dasar Negeri, S., & Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat, B. (2023). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Dan Pameran Hasil Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 5 Pangali-Ali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1).

Pujawardani, H. H., Suganda, A., & Warta, W. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Bina Taruna Bojongsoang Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 515–530. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4657/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, mun, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 84–90.

Shibgho Amalia, S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah. In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 239, Issue 2).

Syafaruddin. (2019). Manajemen Dan Strategi Pembelajaran (Asrul, Ed.; 1st ed.). Perdana Publisihing.

Vidieyanti, N., Rini, R., Syafrudin, U., & Jurnal, R. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Pasca Covid-19 dengan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Satya-Sastraharing, 6(2), 100–108. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v6i2.926

Zaenul Ibad, A., & Nurazami, D. setia. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus SMP N 7 Pemalang). Jurnal Ibtida, 156–167.

Zuhriyah, I. Y., Subandow, M., & Karyono, H. (2023). Pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Studi di SMA Negeri 4 Probolinggo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 319–328. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i2.319-328

Downloads

Published

2023-07-26