IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 WONOREJO

Implementasi kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Wonorejo

Authors

  • Fitri Salsabillah
  • Afifatul Maula Zahro
  • Rini Ramadhani UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nilatul Mirzaq

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Implementasi

Abstract

Kurikulum pendidikan memiliki peranan penting dan selalu mengalami perubahan secara terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum berisi tentang perencanaan kegiatan pembelajaran dan suatu proses pemerolehan pengetahuan, pengalaman yang didapatkan melalui kegiatan pembelajaran. Kurikulum merdeka merupakan perubahan
dari kurikulum 2013, perubahan kurikulum juga membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat. Dengan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan proses pembelajaran di SD Negeri 02 Wonorejo dan menelaah beberapa referensi. Yang menjadi subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa-siswi kelas1 SD Negeri 02 Wonorejo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Campuran). Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada guru kelas serta mengamati langsung ke dalam kelas dan menelaah referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka telah dilaksanakan di SD Negeri 02 Wonorejo pada kelas 1 dan 4, untuk kedepannya agar dapat semua kelas menggunakan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka membutuhkan kesiapan kepala sekolah, guru, siswa, dan orang sekitar yang terlibat dalam pembelajaran untuk
adaptasi dengan kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum merdeka serta menghadapi kesulitan dalam menerapkannya. Implementasi pada kelas 1 menggunakanpendekatan kemampuan masing-masing peserta didik yaitu rubrik sehingga peserta didik dapat melatih atau mengasah minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik.

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/faq/kurikulum-merdeka

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam, 8(1), 43–64

Maladerita. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771-4776.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Mohammad Syarif Sumantri, Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2022.

Rouf. (2015). Peranan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(1), 103-111.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92.

Downloads

Published

2023-08-08