PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD N 02 KALIPANCUR

Penerapan kurikulum merdeka dan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Authors

  • Raudhatul Khabibah UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID
  • Gita Lia Adinda Putri
  • Widyastutik

Keywords:

Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Kurikulum merdeka belajar adalah salah satu program pemerintah yang ingin menciptakan suasana belajar yang kondusif baik bagi siswa maupun guru, salah satu sekolah dasar yang sudah menerapkan kurikulum merdeka adalah SD N 02 Kalipancur yang beralamatkan di Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan kurikulum merdeka di SD N 02 Kalipancur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah berpusat kepada kepala sekolah dan guru kelas 4. Dalam penelitian ini diperoleh data berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa studi literasi, melalui pengamatan wawancara observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan kurikulum merdeka di SD N 02 Kalipancur sudah diterapkan, akan tetapi untuk tahun pertama diterapakan hanya pada kelas 1 dan 4 sesuai aturan dari pemerintah, meskipun hasilnya belum sempurna 100% dan masih bertahap. Dalam penerapan kurikulum merdeka ini sekolah masih terus meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dengan berbagai
pelatihan-pelatihan. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah SCL (Student Centered Learning), kata lain adalah proses pembelajaran berpusat pada siswa, dalam artian siswa aktif didalam kegiatan pembelajaran,dan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.

References

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65-79.

Rahmadayanti, Dewi., Agung Hartoyo. (2022). Potret Kurikuum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6(4). Hlm. 7174 - 7187.

Febrianti, N. A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Pembentukan Keterampilan Berfikir Kritis. Prosiding Samasta.

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65.

Mustadi, Ali dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka. (2021). (n.p.): UNY Press.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-08-08