PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SDN 01 ROWOYOSO

Authors

  • Siti Ulya Anita UIN K. H. Abdurrahman Wahid pekalongan
  • Hasna Lutfa Maulida UIN K. H. Abdurrahman Wahid pekalongan
  • Auliya Fatimatuzzahro UIN K. H. Abdurrahman Wahid pekalongan
  • Putri Az Zahra UIN K. H. Abdurrahman Wahid pekalongan

Keywords:

Urgensi Evaluasi, Evaluasi Pembelajaran, Konsep Evaluasi

Abstract

Pada dunia pendidikan, evaluasi merupakan salah satu bagian yang tidak kalah penting didalam proses pembelajaran. Evaluasi dalam pembelajaran menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi peserta didik untuk menilai sejauh mana perkembangan dalam proses pembelajaran baik dari melihat perkembangan peserta didik maupun melihat perkembagan program dan strategi pembelajaran yang diterapkan. Evaluasi membantu menemukan peserta didik yang masih kurang memahami materi pembelajaran pada proses pembelajaran sehingga para guru dapat memberikan bantuan tambahan kepada peserta didik yang belum memahami materi pembelajaran. Selain itu, evaluasi dapat memberikan informasi pembelajaran peserta didik terhadap kepada orangtua atau wali tentang penentuan kelulusan
dan peringkat peserta didik pada mata pelajaran tersebut. sistem evaluasi yang baik dapat memberikan sebuah gambaran bagaimana pembelajaran dapat berkualitas sehingga mampu membantu para guru dalam merencanakan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan bagi peserta didik itu sendiri, evaluasi akan menjadi sebuah motivasi agar selalu meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Dalam evaluasi pembelajaran ada tujuh
komponen yang harus dilakukan, diantaranya: (1) penentuan fokus yang akan dievaluasi, (2) penyusunan desain evaluasi, (3) pengumpulan informasi, (4) ananlisis dan interpretasi makna informasi, (5) pembuatan laporan, (6) pengelolaan evaluasi, (7) evaluasi untuk evaluasi. Adapun Persyaratan alat evaluasi diantaranya yaitu: validitas, efektivitas, item yang berbeda dan objektivitas.

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Edelenbos, Jurian dan Arwin Van Buuren. (2005). The learning evaluation: a theoretical and empirical exploration. Evaluation review 29 (6). 2005

Hani, Alya Amarul. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education). 7(1)

Hidayat, Tatang dan Abas Asyafah. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam 10 (1).

Mahirah B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (siswa). Jurnal Indaarah.1(2).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, S. R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: DIVA Press

Suardipa, I Putu dan Kadek Hengki Primayana. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal widyacarya. 4(2)

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Pustaka

Wijaya, A., & Sumarno. (2017). Evaluasi Dampak Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2).

Zahro, Ifat Fatimah. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Vol 1 No 1. Hal 92-11

Downloads

Published

2023-10-12