KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 01 KRANDON

Authors

  • Nisa'ul Karimah UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Muhammad Husein UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ambar Agustikawati UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Tria Amrina Rosyada UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Efektivitas pembelajaran tentu menjadi isu penting, namun dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini yang terus berubah, sangat penting untuk membahas efektivitas pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 01 Krandon Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk memperoleh data penelitian. Tahapan penting dalam penelitian ini adalah mengamati proses pembelajaran di kelas. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan keefektifan penggunaan kurikulum merdeka pada proses pembelajaran dibuktikan dengan siswa yang menerapkan sikap berakhlak mulia, aktif, mandiri, kreatif, dan tolong-menolong di kelas serta guru menjadi fasilitator pendidikan yang membimbing siswa dengan sabar. Kepala sekolah melaksanakan perannya sebagai supervisor dan evaluator dalam implementasi kurikulum merdeka. Faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah adalah kurangnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

References

Alsubaie, M. A. 2016. Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice.

Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Mulyasa, H. . 2021. Menjadi Guru penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

N. Nurwiatin. 2022. Pengaruh pengembangan kurikulum merdeka belajar dan kesiapan kepala sekolah terhadap penyesuaian pembelajaran di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2).

Patilima, S. 2022. Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar

Rahayu Sari, et al. 2022. Kebijakan dan Kinerja Birokrasi Pendidikan. CV. Tohar Media: Makassar.

Savitri, D. I. 2020. Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Wibowo, Wahyu. 2011. Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Penerbit Buku Kompas.

Downloads

Published

2023-08-08