PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 01 KESESI KELAS 4
Indonesia
Keywords:
Kurikulum merdeka, Implementasi, Metode PembelajaranAbstract
Kurikulum Merdeka Belajar adalah pengembangan dan penerapan suatu pendekatan yang dilakukan agar siswa dapat memilih pelajaran yang diminatinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang “Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 01 Kesesi Kelas 4”. Penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SDN 01 Kesesi. Informasi dalam penelitian ini di peroleh dari kepala sekolah, wali kelas 4 dan perwakilan siswa kelas 4. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa Teknik yaitu, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tujuan utama dari penerapan kurikulum merdeka yaitu untuk mencapai suatu kemerdekaaan dalam belajar siswa, inovatif, berpikir kritis dan menentukan target belajar, di dalam kurikulum merdeka ini peserta didik targetkan naik kelas semua kecuali siswa tersebut melakukan pelanggaran fatal. Metode penerapan pembelajaran kurikulum merdeka di SDN 01 Kesesi yaitu dengan metode ceramah, diskusi, penugasan, tanya jawab, dan guru mengajarkan siswa untuk memaparkan aspirasinya. Kelebihan kurikulum merdeka menurut informan diantaranya; dalam proses pembelajaran siswa mampu memahami materi lebih cepat dan kebebasan siswa. Adapun kekurangannya yaitu guru kesulitan dalam memperoleh buku. Penilaian kurikulum merdeka menggunakan penilaian sumatif dan penilaian formatif.