PENGGUNAAN MEDIA KARTU TRANSFORMASI ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MII DEGAYU 02 PEKALONGAN

PENGGUNAAN MEDIA KARTU TRANSFORMASI ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MII DEGAYU 02 PEKALONGAN

Authors

  • Akhmad Dalil Rohman UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hana Hanifah
  • Hafizah Ghany Hayudinna

Keywords:

berpikir kritis, IPAS, kartu transformasi energi, siswa

Abstract

Dalam ranah pendidikan, keterampilan berpikir kritis semakin penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi kompleksitas. Keterampilan ini diajarkan melalui pendekatan terstruktur dan mencakup mengumpulkan informasi, memahami, mengevaluasi, dan mengambil keputusan berdasarkan bukti. Siswa juga diajarkan untuk memecahkan masalah dan mengambil inisiatif mencari solusi inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media kartu transformasi energi sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan sikap bepikir kritis siswa kelas IV MII Degayu 02 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPAS dan siswa kelas IV MII Degayu 02 Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media kartu transformasi energi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa, seperti meningkatkan sikap berpikir kritis, meningkatkan motivasi belajar, dan memperkuat keterampilan kolaborasi dan komunikasi, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam
pembelajaran. Namun, penelitian juga menemukan suatu kendala dalam penggunaan media kartu transformasi sebagai media pembelajaran, yaitu perlunya perhatian khusus bagi siswa yang pasif agar bisa ikut berperan aktif pada proses pembelajaran.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Dalil Rohman, A., Musa, M. M., Falkhah, A. N., & Annur, A. F. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD di Era Abad 21. Ibtida’, 3(1), 48–58. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.285

Dasar, D. I. S. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication , Collaboration , Critical Thinking And Problem Solving , Creativity And Innovation). 7(September), 185–197.

Fitri, R. M., Toharudin, M., & Rizkhi, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata pada Siswa Kelas 4 SDIT Nurul Hidayah. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 56–66.

Kamala, I. (2019). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 1–30. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187

Mutiara,A., Sajidan,S., & Nurhayati, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Transformasi Energi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 1-10.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.

Downloads

Published

2023-07-12