TANTANGAN MERDEKA BELAJAR DI MI MA’ARIF KAPULOGO

Authors

  • Desty Putri Hanifah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Erlin Indonesia
  • Zumrotus Sangadah Indonesia

Keywords:

merdeka belajar, pembelajaran berbasis proyek, tantangan implementasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan dalam menerapkan merdeka belajar di MI Ma’arif Kapulogo. Pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang humanistik, berdasarkan keunikan, minat, bakat masing-masing siswa. Pada kenyataannya, masih ditemukan berbagai tantangan dalam menerapkan merdeka belajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dalam menggambarkan tantangan implementasi merdeka belajar di MI Ma’arif Kapulogo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang guru dengan rincian 6 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Hasil survei menunjukkan 94% responden yang memilih setuju sedangkan sisanya 6% memilih tidak setuju. Sebagian guru setuju bahwa merdeka belajar merupakan pembelajaran yang ideal untuk mengembangkan potensi diri siswa. Pembelajaran berbasis proyek sudah dilakukan oleh beberapa guru kelas baik proyek jangka pendek maupun jangka panjang. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa terbiasa untuk berkolabrasi dan mengkomunikasikan proyek. Hal ini sesuai dengan tuntutan abad 21 yaitu terpenuhinya 4 keterampilan yaitu berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Sedangkan guru yang tidak setuju menyatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis merdeka belajar merupakan sesuatu yang rumit. Siswa mempunyai beragam gaya belajar, minat, dan bakat. Guru tentu kesulitan jika harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang unik sesuai kebutuhan siswa. Oleh karena itu, merdeka belajar dianggap merepotkan bagi sebagian guru.

References

Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rOmoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tujuan+kurikulum+merdeka+dikdasmen&ots=2aG0PNt8n6&sig=tLVO7Mf3-I9OsnNfVQwTaWlpzow&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Fatmawati, M. B. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(2), 85. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i2.224

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.

Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “ Independent Learning ” in The Era Of Society 5 .0. 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Martono, F. X. (2019). Prospektif Kebijakan “Merdeka Belajar.” 1–16. https://smpn3bojongpekalongan.sch.id/wp-content/uploads/2021/04/Prospektif-Merdeka-Belajar.pdf

Downloads

Published

2023-07-26