ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA: KAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD/MI
Keywords:
Buku Teks, Bahasa Indonesia, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian buku teks Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Kajian buku meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Sebuah buku teks harus layak digunakan dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Buku teks yang digunakan di sekolah disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini. Pada tahun ajaran 2022/2023 diterapkan dua jenis kurikulum di Indonesia yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Kajian buku Kurikulum Merdeka perlu dilakukan supaya dapat segera dilakukan perbaikan bila perlu. Secara lebih spesifik, buku yang dikaji dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia
kelas 4 SD/MI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa secara umum buku teks Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI tergolong baik serta layak digunakan untuk dipergunakan untuk pada anak usia tersebut. Buku sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Capaian Pembelajaran yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka. Materi yang terdapat di dalam buku sudah tepat, hanya perlu ada modifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Buku sudah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Buku juga menyajikan kolom jelajah kata untuk membantu siswa memahami kata-kata sukar dalam teks. Selain itu, buku juga
disajikan dengan ilustrasi yang menarik sehingga menambah daya Tarik siswa untuk belajar.
References
Ernawati, Y. (2019). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 109–123. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i2.223
Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6564
Nukman, E. Y., & Erni Setyowati, C. (2021). Bahasa Indonesia (Lihat Sekitar) Buku SD Kelas IV. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Vol. 1, Issue 1).
Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340
Pohan, R. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Lanarka Publisher.
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Su’udiah, Firdaus, Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748.
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157
Widayati, M., & Subekti, Y. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Stalistika, 5(1), 105–112.