PROSES IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 01 GANDARUM KAB PEKALONGAN

Authors

  • Sufendi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Uki Adi Prasetya
  • Wahyu Isma Sari

Keywords:

Implementasi, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 01 Gandarum. Kemendikbud menetapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru 2022-2023. Proses perubahan kurikulum ini memiliki beberapa tahapan dalam pengimplementasiannya. Kurikulum merdeka memiliki tiga tingkatan dalam pemilihannya, yang dibebankan kepada masing-masing sekolah. Tingkatan kurikulum yang dapat diimplementasikan dimulai dari mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Sekolah Dasar Negeri 01 Gandarum sebagai tempat penelitian memilih menerapkan kategori pertama sebagai awal penerapan kurikulum merdeka yaitu mandiri belajar. Penelitian ini termasuk kedalam metode deskriptif kualitatif yang mana data didapat dari proses observasi, wawancara, dan analisis data dengan literatur pustaka lainya. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah dan guru-guru SD Negeri 01 Gandarum. Hasil penelitian mendapatkan penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri 01 Gandarum telah berjalan
selama satu semester dengan baik dengan proses yang terus berjalan. Dengan mengambil tingkatan pertama sebagai sekolah mandiri belajar, SDN 1 Gandarum ini telah melatih beberapa guru dari guru kelas 1 & 4, guru mapel PAI dan guru olahraga dalam pelatihan penerapan kurikulum merdeka. Berbagai sarana pendukung belajar secara bertahap mulai di beli. Program p5 sebagai ciri khas kurikulum merdeka juga telah berjalan dengan memanfaatkan limbah plastif menjadi kerajinan tangan bagi anak kelas 4 dan penulis juga menemukan beberapa sarana pendukung yang sudah ada sebagai penguat kearifan lokal yang tersedia sebagai dasar pemantapan penerapan P5 nantinya.

References

Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Haryati, linda feni, Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Irsyad, 4(5), 5197–5202. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7411–7419.

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Musa, M. M., Qudsiyah, W. H., Rahman, A. D., & Annur, A. F. (2022). Implementasi Literasi Digital Era Abad 21 Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik MIS Soko Kota Pekalongan. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 161. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7184

Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. MAHESA Research Center : Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Downloads

Published

2023-07-21