TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PGMI UNSIQ PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNO-STEM

Authors

  • Nike Fajar Kinasih Indonesia
  • Sahar Wardani
  • Desty Putri Hanifah Universitas Sains Al-Qur'an

Keywords:

Etnopedagogi, Etno-STEM, budaya, mahasiswa PGMI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman mahasiswa PGMI UNSIQ tentang pembelajaran berbasis etno-STEM. Etno-STEM pembelajaran yang mengintegrasikan budaya dengan muatan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Mahasiswa calon guru perlu memahami pembelajaran berbasis etno-STEM untuk mewujudkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 32 mahasiswa semester 7 PGMI UNSIQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,6% mahasiswa PGMI UNSIQ mengetahui tentang etnopedagogi. Mahasiswa memahami hakikat etnopedagogi, tapi kurang memahami cara menerapkan etnopedagogi dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis etnopedagogi tidak dipelajari secara intensif selama perkuliahan, sehingga etnopedagogi kurang diperhatikan dalam pemilihan topik skripsi. Etno-STEM merupakan bagian dari etnopedagogi. Sebanyak 53,1% mahasiswa memahami hakikat etno-STEM, sedangkan 6,2% mahasiswa sama sekali tidak memahami hakikat etno-STEM. Mahasiswa kesulitan mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika berbasis budaya. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu: 1) materi tidak dibahas secara tuntas dalam perkuliahan; 2) referensi tidak memadai; 3) tidak ada modul penunjang; dan 4) etnopedagogi dan etno-STEM merupakan materi yang relatif baru.

References

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi model pembelajaran lesson study praktikum wisata dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah media. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135–154.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.

Nurhasnah, Nf., Azhar, M., Yohandri, Nf., & Arsih, F. (2022). Etno-Stem Dalam Pembelajaran Ipa : a Systematic Literature Review. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p147--163

Prabowo, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2615

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. CV Pustaka Setia.

Russeffendi. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka.

Salsabila, N. H. (2017). Proses kognitif dalam pembelajaran bermakna. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya II, Knpmp Ii, 434–443. http://hdl.handle.net/11617/8830

Surya, P. (2011). Kepemimpinan Etnopedagogi di Sekolah. Majalah Ilmiah Dinamika Universitas Negeri Yogyakarta, 1–31. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Priadi Surya, S.Pd., M.Pd./KEPEPIMPINAN ETNOPEDAGOGI DI INDONESIA.pdf

Downloads

Published

2023-08-01