PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBIASAAN NUANSA ISLAMI SALAT DUHA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hamdi IAIN Palangka Raya
  • Setria Utama Rizal
  • Nurul Hikmah

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Nuansa Islami, Salat Duha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan profil pelajar pancasila melalui pembiasaan nuansa islami berupa salat duha yang dikaitkan dengan penunjang implementasi kurikulum merdeka. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriftif, subjek data yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan Miles and Huberman ( 1984 ), meninjau dan menggali data sampai memperoleh data yang jenuh serta mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini penanaman nuansa islami melalui salat duha menunjang implementasi kurikulum merdeka yaitu melalui penguatan profil pelajar pancasila sebagai bentuk mewujudkan eleman beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

References

Amelia, M., &Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Amri, Nur Alim, R. P. P. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Vl Manggala Kota Makassar Nur. 20(1), 105–123.

As-Syiba, G. N., Yudianto, S. A., &Kusumawaty, D. (2023). Pengembangan Modul Sistem Imun Terintegrasi Nilai Religi untuk Meningkatkan Sikap Spiritual dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 15–27. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.10910

Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Akidah Akhlak DI MTS Negeri 1 Yogyakarta. 7, 34–48.

Dasar, D. S. (2023). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Dedi S, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur ( Ditinjau Dalam Qs . Ali Imron : 200 ). AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(1), 472–488. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506.

Esmael Ansulat Dari, N. (2018). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16–34. file:///C:/Users/Laptop21/Downloads/4161-Article Text-18489-1-10-20191109.pdf

Firdaus, F. (2020). Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768

Hafiyan, R. M. R., &Junaidy, D. W. (2022). “ Merdeka Belajar ” Sebagai Konsep Model Pembelajaran Seni Rupa Jenjang SMA “ Merdeka Belajar ” As a Concept of Fine Art Learning Models at High School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(3), 282–303. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/51071/21571

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., &Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Karim, A. R. (2020). Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).5082

Khanifatul Azizah, &Fuadi, M. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 73–87. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6244

Kurniawaty, I., Faiz, A., &Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Lubis, M., Amin, A., &Alimni, A. (2023). Teacher solidity in the digital age and its effect on the effectiveness of primary school management. 12(2). https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.24948

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., &Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.

Nur Alim Amri, R. P. P. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Vl Manggala Kota Makassar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Putra, P., &Sambas, K. (2021). Internalisasi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Dasar Negeri Internalization of Islamic Education Teachers on the Character Value and the National Culture in. 8(2), 232–241.

Rizal, S. U., Hikmah, N., &... (2022). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jumat Pendidikan: Jurnal …, 3(3). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3395%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/download/3395/1503

Sutarno, &AlJumadi, N. Z. (2022). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 106–125. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9409

Wahid, L. A., &Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 23–36. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222

Downloads

Published

2023-08-01