PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI DAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SENI MUSIK SD

Authors

  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya
  • Yunita Sari IAIN Palangka Raya
  • Putri IAIN Palangka Raya
  • Istiqamah IAIN Palangka Raya

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Aplikasi, 4D

Abstract

Dunia sekarang telah memasuki masa di mana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah mulai berkembang dengan pesat. Teknologi sekarang sudah mulai dimanfaatkan diberbagai sektor sesuai dengan kebutuhan manusia. Terkhususnya sekarang pada bidang pendidikan, teknologi pun mulai dimanfaatkan. Maka dari itu, perlu adanya pembaharuan bahan ajar yang digunakan siswa yang dapat menampilkan secara visualiasi dari materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada materi seni musik berbasis aplikasi android dan kearifan lokal Kalimantan Tengah yang dapat digunakan mendukung pembelajaran siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terkait musik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (Penelitian Pengembangan) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari beberapa tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate
(penyebaran). Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 85% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 80% dengan kategori layak, dan respon mahasiswa terhadap produk memperoleh nilai rata-rata 84,25% dengan kategori sangat layak.

References

Arywiantari, D., Gede, A., & Dewa, K. T. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Teknologi Pendidikan, 3 (1). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7620

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa Islamic Education Journal, 38. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Jamun, Y. M. (2016). Desain Aplikasi Pembelajaran Peta NTT Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. https://doi.org/10.36928/jpkm.v8i1.101

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, M., Ngabekti, S., & Iswari, R. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Observasi Pada Taman Sekolah Sebagai Sumber Belajar Sains. Journal of Biology Education. https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2622

Nurmanita, Siagian, P., & Sitompul, P. (2019). Development of Learning Device through Problem Based Learning Model Assisted by Geogebra to Improve Students' Critical Mathematical Thinking Ability. Journal of Mathematical Sciences and Applications. http://pubs.sciepub.com/jmsa/7/1/1

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166

Rizki, W., Nurmaliah, C., & Sarong, M. A. (2018). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekresi Manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1081

Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge In The Digital Age . USA: McGraw - Hill Companies.

Sugiyanto. (2022). Inkulturasi Musik Etnik dalam Liturgi Gereja Kalimantan Evangelis, Kalimantan Tengah. Jurnal Teruna Bhakti. https://doi.org/10.47131/jtb.v5i1.142

Vidanti, T. A., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI. Jurnal Manajemen. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9697

Zulkhi, M. D., Rusdyanti., Astari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pagelip Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4580

Downloads

Published

2023-07-26