Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe HOTS Pada Materi Luas Daerah Bangun Datar
Kemampuan dan Kendala Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe HOTS pada Materi Luas Daerah Bangun Datar
Keywords:
Kemampuan Siswa, Soal Tipe HOTS, GeometriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar dan menjelaskan kendala yang dialami siswa dalam mengerjakan soal tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling yaitu memilih tiga siswa masing-masing satu siswa dengan nilai kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar terbagi menjadi 3 kategori yaitu: (1) Siswa Berkemampuan Tinggi (SBT) dalam menggunakan kemampuannya dengan sangat baik dan memuaskan, baik tahap menganalisis, mengevaluasi hingga mencipta. Sedangkan kendalanya yaitu kurang percaya diri dan fokus. (2) Siswa Berkemampuan Sedang (SBS) dalam menggunakan kemampuannya dengan cukup baik dalam tahap menganalisis dan mengevaluasi, dan tahap mencipta kurang baik. Sedangkan kendalanya yaitu kurang memahami materi, tidak mengetahui perintah soal dan kurang mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya. (3) Siswa Berkemampuan Rendah (SBR) dalam menggunakan kemampuannya kurang baik yang hanya mampu dalam tahap menganalisis, sedangkan tahap mengevaluasi dan mencipta kurang baik atau tidak dapat diidentifikasi. Sedangkan kendalanya tidak mengetahui perintah soal, kurang serius, tidak fokus pada lembar soal, kurangnya motivasi siswa, dan tidak mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya.
References
Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.313
Manik, P. S. S., & Ngurah, G. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392
Ningsih, N. S., Wahyuni, Y., Fauziah, F., & Desfitri, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan
Krathwohl Pada Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 70. https://doi.org/10.29300/equation.v5i1.6408
Nuraini, T., & Julianto. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Hots ( High Order Thinking Skills ) Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 60–74.
Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii a Smp Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75
Safinatunnajah, R. A. Y. H., Studi, P., Matematika, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2023).
Wahyuddin, W., Satriani, S., & Asfar, F. (2021). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 521. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3480
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Analisis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill pada muatan PPKn kelas V SDN 10Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Equilibrium, 7(2), 137–141.
Wiguna, P. D., Hafsari, R. A., & Fitrianie, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK melalui Soal HOTS dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) proses pembelajaran daripada guru . Pesatnya perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 404–420.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hisyam Rosul Maulana, Ahmad Faridh Ricky Fahmy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.