Kajian Etnomatematika Pada Alat Gordang Sambilan Kebudayaan Mandailing
Keywords:
Gordang Sambilan, Etnomatematika, Matematika, KebudayaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kajian matematika yang sesuai dengan budaya Mandailing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Aspek-aspek yang terkandung dalam gordang sambilan, pemanfaatan konsep matematika pada gordang sambilan, keterkaitan antara alat gordang sambilan dengan matematika. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian etnografi. Penelitian ini dilakukan pada alat musik Gordang Sambilan. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat aspek geometri tabung dan barisan deret aritmatika pada alat masik Gordang Sambilan, terdapat pemanfaatan bentuk dan ukuran dalam alat musik Gordang Sambilan, keterkaitan matematika dengan Gordang Sambilan memudahkan menentukan bentuk, ukuran, dan banyak bahan yang diperlukan dalam pembuatan alat music Gordang Sambilan.
References
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). PT Renika Cipta.
Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
Dewi, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang Sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. MOSHARAFA Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 3.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Eka, L. K., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal Dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 716. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.716-721
Fraenkel, R. J., Wallen, E. N., Hyun, N., & Helen. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3, 40.
Fitriani, H. Hendroanto, A & Anggoro, R. P. (2021). Buku geometri ruang. UAD PRESS.
Gajah, N., Arifana, A., Gajah, R. H., & Mawardi, A. (2022). Peranan Badan Pemangku Adat Mandailing Julu Dalam Mengembangkan Gordang Sambilan (Studi: Kabupaten Mandailing Natal). Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 6(1), 95. https://doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.95-102
Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada motif batik Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 61-72.
Handayani, S.D. dan Irawan, A. (2021). Eksplorasi Etnomatemamtika Permainan Tradisional Gatrik.
Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., & Nifanngelyau, J. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2119–2133. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i12.394
Iskandar, S. . (2018). Latar Belakang dan Tujuan Pendidikan. Online2. http://meseptiandrianiiskandar.blogspot.com/2018/05/makalah-latar-belakang-dan-tujuan.html
Khikmah, N., & Sabrina, F. P. (2021). Etnomatematika Dalam Motif Batik Jlamprang Kota Pekalongan Sebagai Penerapan Konsep Geometri Transformasi pelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Pertama menurut Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP , 2006 ) ialah siswa memiliki kemampuan memecahk. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 127–134.
Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2020). Etnomatematika: Konsep dan Eksistensinya. Online. https://doi.org/10.31219/osf.io/72tw9
Kusumaningtyas, N., Nengah Parta, I., & Susanto, H. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. 06(01), 107–119.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0APentingnya
Lubis, S.I., Mujib, A., and Siregar, H. "Eksplorasi etnomatematika pada alat musik Gordang Sambilan." Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1.2 (2018): 1-10.
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246
Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407–418. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.711
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212
Mujib, A. (2018). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1, 87–96.
Murtiyasa, B. (2010). Strategi Pengembangan Pembelajaran Matematika pada Abad XX.
Mohammed, W. y., & Ibrahim, S. (2010). Ethnomathematics (A Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education, 3, 36–42.
Miftach, Z. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bulang, Gordang Sambilan dan Tor-tor Sebagai Sumber Belajar Topik Pola Barisan Bilangan. 53–54. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10315
Nasution, S., Rohani, L., & Purwaningtyas, F. (2021). Sejarah dan Pemanfaatan Gordang Sambilan dalam Adat Mandailing Natal. Local History & Heritage, 1(2), 49–53. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.95
Nasution, S. (2021). Sejarah Dan Pemanfaatan Gordang Sambilan Dalam Adat Mandailing Natal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Nuriana, S. (2022). Keberadaan Musik Gordang Sambilan Ditinjau Dari Aspek Fungsi Di Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11970%0Ahttps://repository.uir.ac.id/11970/1/176710086.pdf
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Parinduri, M.B. (2013). Mangirurut Novel Budaya Mandailing. Medan: Deli Grfika.
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Putri, L. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(1).
Rini Yanti, Muchtadi Muchtadi, & Hartono Hartono. (2022). Etnomatematika dalam Tradisi Upacara Adat Maruba di Kerajaan Hulu Ai’k Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 26–37. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.393
Ritonga, S. A., Benhard, J., & Sipayung, N. (2024). Motif dan Makna Motif Tenun Ulos Sadum Batak Mandailing di Sumatera Utara dalam Kajian Semiotik. 8, 11761–11765.
Rahmawati, Y. (2020). Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Azimut, 3(SMAR), 22. https://doi.org/10.31317/jaz.v3ismar.636
Siregar, E. (2018). Sejarah Dan Motif Budaya Mandailing Natal. SMARTek, 6(3), 38.
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Supriadi, M. P. (2013). Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD. Makalah Seminar Nasional.
Sharma, S. N. dkk. (2017). Jelajah Matematika (Aden R.K (ed.); II). Yudistira.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.
Turmudi. (2018). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Kajian Etnomatematika: Belajar Matematika Dengan Melibatkan Unsur Budaya (*) Oleh: Turmudi.
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 193.
UNKRIS. (2007). Suku Batak Mandailing. Online. http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Batak-Mandailing_43204_p2k-unkris.html
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841
Wahyudin. (2018). Etnomatematika dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1, 1–19.
Wicaksono, R. W., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat Kepulauan Riau: Etnomatematika pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat. Jurnal Kiprah, 8(1), 1-11.
Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259
Yadi, A. (2020). Komunikasi dan Kebudayaan Islam di Indonesia. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.14421/kjc.21.04.2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tantawi Azhar Nasution, Iyon Maryono, Tika Karlina Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.