Penerapan Teori Van Hiele Dalam Meningkatakan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri: Systematic Literatur Review
Keywords:
Teori Van Hiele, geometri, pembelajaran bertahap, pendekatan hierarkisAbstract
Memperoleh pemahaman yang mendalam tentang geometri membutuhkan pondasi pemahaman yang kuat dan menyeluruh. Namun, kenyataannya banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep geometri dan menerapkannya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, Teori Van Hiele dapat menjadi solusi efektif untuk membantu siswa membangun pemahaman konsep geometri secara sistematis dan bertahap. Penelitian ini menggunakan metode Tinjauan Literatur Sistematis atau Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Teori Van Hiele dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori Van Hiele efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan merepresentasikan geometri di berbagai tingkatan pendidikan. Namun, masih banyak siswa yang berada pada tahap awal berpikir geometri, sehingga perlu dilakukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri mereka. Penerapan Teori Van Hiele dapat memfasilitasi siswa dalam membangun pemahaman konsep secara bertahap dan bermakna, dengan memberikan panduan yang jelas mengenai tahapan berpikir geometri yang perlu dilalui. Meskipun demikian, perlu mempertimbangkan karakteristik individu siswa dalam implementasi teori ini. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada strategi untuk memfasilitasi transisi siswa ke tingkat berpikir geometri yang lebih tinggi serta eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat berpikir geometri siswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian menegaskan pentingnya Teori Van Hiele untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman dan kemampuan berpikir geometri secara hierarkis.
References
Ainun, N., & Asri, K. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Representasi Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Wahana Kajian …, 10(1), 1–8. https://journal.uho.ac.id/index.php/jwkp-ips/article/view/627%0Ahttps://journal.uho.ac.id/index.php/jwkp-ips/article/download/627/249
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898
Darmayati, R., Handayati, T., & Sofyan, F. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 17–28.
Ellissi, W., & Permata, J. I. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.750
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Hamidar. (2021). Penerapan Teori Pembelajaran Van Hiele untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Luas Persegi Panjang, Persegi, dan Segitiga Siswa Kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. 3(4), 300–311.
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329–338. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Hikmayani, J., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas IV Menurut Teori Van Hiele di SDN 06 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1111
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1Tukka. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 70.
Ikhsan, N. M., Dewi, N. R., & Waluya, S. B. (2024). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Preprospec berbantuan Aplikasi Game Android : Systematic Literature Review ( SLR ). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 253–260.
Irenewati, I., Aulya, L. N., Rahma, A. luthfia, & Putri, S. hadiana. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika Dalam Materi Geometri Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV
(Sandika IV, 4(1), 417–426. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1227
Jahuri, A., Rusdiyani, I., & Asmawati, L. (2023). Desain Media Geometri Bangun Ruang Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1439–1450. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2140
Mukarom, D. I., Sumarna, N., & Sahidin, L. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Representasi Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. 7(4), 1–13.
Novita Sari, P., & Srimuliati. (2020). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui tahapan berfikir Van Hiele di SMP Negeri 8 Langsa. At- Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 7(1), 48–59. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i1.2058
Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI., 758–766. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952
Rahmadita, A., Napitupulu, B., & Tandililing, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Pada Materi Sifat-Sifat Segi Empat Di Smpn 8 Jayapura. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 73–85. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.8966
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Umami, F. P., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 128–138. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5534
Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374. https://doi.org/10.24269/js.v2i2.626
Yudianto, E., Sunardi, Sugiarti, T., Setiawan, T. B., & Maghfiroh, A. (2022). Pengaruh Penerapan Fase-Fase Pembelajaran Van Hiele Terhadap Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 710–720. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1289
Yunita, M. R., & Imami, A. I. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada materi himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1595–1606. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1595-1606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umma Binta Nabilatur Rizqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.