Etnomatematika dalam Budaya Bali: Sebuah Tinjauan Literatur dan Integrasinya dalam Kurikulum Pembelajaran Matematika
Keywords:
Kebudayaan Bali, Etnomatematika, Kajian Pustaka, Pendidikan MatematikaAbstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara matematika dan budaya melalui perspektif etnomatematika dalam konteks kebudayaan Bali. Kebudayaan Bali, sebagai salah satu warisan budaya yang kaya akan tradisi dan adat memiliki pesona dan keunikan yang sangat berharga di Indonesia namun penerapan etnomatematika dalam budaya ini belum banyak dieksplorasi secara mendalam. Tujuannya adalah untuk mengulas berbagai penelitian mengenai penerapan konsep-konsep matematika yang terdapat dalam praktik-praktik budaya Bali dan mengevaluasi bagaimana konsep-konsep tersebut dapat diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran matematika di tingkat nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur, yang memungkinkan pengumpulan, analisis, dan sintesis data dari berbagai sumber tertulis yang relevan mengenai etnomatematika dalam kebudayaan Bali. Teknik pengumpulan data meliputi identifikasi sumber, pencarian literatur, seleksi dan evaluasi dokumen, pengumpulan dokumen, pencatatan informasi penting, serta pengorganisasian dokumentasi data. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam penerapan etnomatematika dalam berbagai aspek kebudayaan Bali, seperti arsitektur, sistem kalender, seni, dan musik. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan potensi integrasi etnomatematika dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman dan relevansi konteks lokal bagi siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya eksplorasi lebih lanjut mengenai peran etnomatematika dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Bali di masa depan.
References
Abdullah, Wardono, & Dwijanto. (2019). Peran Etnomatematika Pada Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 11–15.
Amal, I. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Di Karangasem Bali. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Antara, I. M. B. , S. I. K. , & S. H. (2018). Cak Ganjur Sebuah Komposisi Musik Vokal Gabungan Cak Dan Balaganjur. Jurnal Seni Pertunjukan, 4(2).
Aprianti, S. N., Rusmana, I. M., & Setiadi, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Bale Bengong pada Rumah Tradisional Bali. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.
Astawa, W. P., Made, I., Wira, A., Putra, N., & Suharta, G. P. (2022). Ethnomathematics: Exploration of Traditional Balinese Flute as Mathematics Learning Resources. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i2.39284
Atmaja, I. M. D. (2023). Etnomatematika Dalam Peraturan Daerah Tentang Desa Adat Di Provinsi Bali.
Cahayaningrat, P. W., Pratiwi, N. W. D. A., Alvionitha, N. P. M., & Srinadi, I. G. A. M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Journal on Education, 6(2), 12651–12659. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5122
Darmayasa, J. B., Wahyudin, Mulyana, T., & Noto, M. S. (2018a). Remembering the hindu festivities mathematically by the balinese using integer operations and least common multiple. Journal of Physics: Conference Series, 1008. https://doi.org/10.1088/1742-6596%2F1008%2F1%2F012057
Darmayasa, J. B., Wahyudin, Mulyana, T., & Noto, M. S. (2018b). Remembering the hindu festivities mathematically by the balinese using integer operations and least common multiple. Journal of Physics: Conference Series, 1008. https://doi.org/10.1088/1742-6596%2F1008%2F1%2F012057
Dewi, A. P. (2016). Komodifikasi Tari Barong di Pulau Bali (Seni Berdasarkan Karakter Pariwisata). Panggung, 26(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.187
Dewi, L. G. M. W., & Suweken, G. (2022). Ethnomathematics in Balinese Dance Movements and Its Potential for Learning. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260340459
Diputra, G. N. O., Pradnyana, P. B., Astuti, N. P. E., Darmayanti, N. W. S., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Etnomatematika Pada Klakat Upacara Adat Bali. Jurnal Elementary, 5(1), 1. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5303
Gazanofa, F. S., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerak Tari Piring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3162–3173. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2679
Intan, L., Dewi, P., Hartawan, I. G. N. Y., & Sukajaya, I. N. (2019). Etnomatematika Dalam Tari Bali Ditinjau Dari Klasifikasi Tari Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2842
Irawan, A., Lestari, M., Rahayu, W., & Wulan, R. (2019). Ethnomathematics batik design Bali island. Journal of Physics: Conference Series, 1338. https://doi.org/10.1088/1742-6596%2F1338%2F1%2F012045
Isnaini, L. (2019). Kerajinan Tenunan Anyaman Bali Terdapat Unsur Etnomatematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.54314/jmn.v2i1.56
Kusuma, I. W. W., Darmawiguna, I. G. M., & Sunarya, I. M. G. (2014). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Permainan Tradisional “Bali.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 3(7), 429–438.
Murtiawan, W. E., Raea, K., Ngurah, G., & Wibawa, A. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri pada Bangunan Pura (Exploration of Ethnomathematics Concepts Of Geometry in Pura Buildings). Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(2), 86–95.
Nabila Pramesti, S., Krisnina Maharani, K., Kadek Sintya Dewi, N., Made Ariyani Kumala Sari, N., Eka Audria Maharani, P., & Putu Pasek
Suryawan, I. (2024). Kajian Etnomatematika Bangunan Adat Di Desa Penglipuran Dan Upaya Memperoleh Pengetahuan Sebagai Sumber Belajar Matematika Bermakna. Prosiding MAHASENDIKA III, 446–456.
Okta Marinka, D., Febriani, P., & nyoman Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Pramesti, A. I. (2022). Kajian Etnomatematika Alat Musik Suling Bali. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 207–212.
Pt Sintya Gita Permatasari, A., Cahaya Dewi, P., Putu Satria Adi Wiryawan, I., Gede Made Ari Raditya, I., Udayana, U., Raya Kampus Unud, J., Bukit Jimbaran, K., & Badung, K. (2024). Kajian Etnomatematika pada Prasasti Blanjong Sanur. Journal on Education, 06(03), 17372–17377. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5660
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4, 80–89. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:119471543
Puspadewi, K. R., Putu, G. A., & Wulandari, A. (2018). Analisis Etnomatematika Jejahitan Bali Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Bakti Saraswati, 07(02).
Puspadewi, K. R., Putu, G. A., Wulandari, A., Putu, I., Payadnya, A. A., Lanang, O., Natih, J., Pendidikan, P., Universitas, M., & Denpasar, M. (2023). Etnomatematika Pada Alat Tangkap Ikan Tradisional “Bubu.” Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK, 3(2). https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7420
Putri, N. W. E. (2024). Pesona Keberagaman Budaya Bali Warisan Tradisi Yang Abadi. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 38–45.
Riley, K. F., & Hobson, M. P. (2011). Arithmetic and geometry. https://doi.org/10.1017/CBO9780511761447.002
Rosmiati, T., Putri Bahari, J., & Yuliyanti, A. (2024). Pola Barisan Dalam Alat Musik Gangsa Daerah Bali. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i2.751
Susanti, Y., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran Matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Suwanto, R. (2024). Etnomatematika Pada Bentuk Bangunan Keraton Kusuma Negara di Sekadau Hilir. Jurnal Derivat, 11(1). https://doi.org/10.31316/jderivat.v11i1.5135
Wijayanti, N. P. A. A., Sunardi, Tirta, I. M., Margaretha, P. M., & Wijaya, Y. Y. (2019). Ethnomathematics in Balinese culture as a learning material for logic and reasoning geometry. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:145898590
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gusti Ayu Made Arna Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.