Studi Literatur: Mengintegrasikan Pembelajaran Terpadu yang Aktif melalui STEM-Series Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Nindya Ayu Salsabila UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • I Kadek Agus Prabawan Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ilmi Putri Riskiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Imam Mahdi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

pembelajaran terpadu, STEM-Series, hasil belajar matematika

Abstract

Metode pembelajaran yang aktif dan inovatif memiliki urgensinya tersendiri untuk digunakan dalam proses pembelajaran terutama dalam hal peningkatan hasil belajar siswa. Sejalan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak integrasi pembelajaran terpadu melalui pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa dapat diatasi dengan pendekatan pembelajaran yang interdisipliner, yang menggabungkan berbagai aspek keilmuan dalam STEM-Series untuk meningkatkan pemahaman konsep secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan studi literatur yang diambil dari beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran terpadu melalui STEM-Series memiliki peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam hal pencapaian hasil belajar matematika. Integrasi pembelajaran terpadu yang aktif melalui STEM-Series terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran di tingkat pendidikan menengah, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Disarankan agar para pendidik mempertimbangkan penggunaan pendekatan STEM-Series dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa di bidang matematika.

References

Betty Heryuriani, & Musdayati. (2020). Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial dengan Pendekatan STEM. Inomatika, 2(2), 147–160. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.191

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling

Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hapizoh. (2019). Penerapan discovery learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 26 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 293–304.

Kartikasari, B. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD. I, 1–2.

Lathiifah, I. J., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1281. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.354

Mardhiyatirrahmah, L., Muchlas, & Marhayati. (2020). Dampak Positif Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 78–88.

Nata, S. A., Irawati, T. N., Mahmud, M., & Rohman, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Stem Education Pada Konteks Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 135–145.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAPPS Berbasis Pendekatan (STEM). Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 117–125. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.373

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Nindya Ayu Salsabila, Saputra , I. K. A. P. ., Riskiyah, I. P., & Mahdi, I. . (2024). Studi Literatur: Mengintegrasikan Pembelajaran Terpadu yang Aktif melalui STEM-Series Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 52–62. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika4245