Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui E-Modul Interaktif Terintegrasi CBL-STEM Context Berbantuan Wordwall
Keywords:
Challenge Based Learning, E-Modul, Berpikir Kreatif Matematis, STEM Context, WordwallAbstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis menjadi suatu kompetensi yang sangat berharga di abad ke-21. Kemampuan berpikir kreatif matematis memungkinkan peserta didik untuk menghadapi permasalahan dengan sudut pandang yang inovatif dengan menerapkan konsep matematika secara praktis dan kreatif dalam berbagai konteks kehidupan. Faktanya hasil survei PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di Indonesia masih rendah dan jauh dari rata-rata internasional. Salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di Indonesia adalah dengan memanfaatkan e-modul sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah e-modul interaktif terintegrasi Challenge Based on STEM Context Learning berbantuan Wordwall sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini menggunakan studi literatur yang bersumber dari artikel dan jurnal nasional maupun internasional yang relevan. Model Challenge Based Learning (CBL) mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam berkolaborasi untuk menyelesaikan tantangan yang relevan dengan dunia nyata. STEM Context memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menghadirkan permasalahan kontekstual melalui integrasi dari keempat disiplin ilmu pada pembelajaran matematika. Wordwall sebagai ICT dalam pembelajaran menjadi langkah strategis yang dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik serta menstimulasi perkembangan kemampuan berpikir kreatif matematis. Dengan demikian, e-modul interaktif terintegrasi Challenge Based on STEM Context Learning berbantuan Wordwall sebagai solusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pengembangan e-modul interaktif terintegrasi Challenge Based on STEM Context Learning berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis serta uji efektivitas implementasi produk tersebut.
References
Acar, D., Tertemiz, N., & Taşdemir, A. 2018. The effects of STEM training on the academic achievement of 4th graders in science and mathematics and their views on STEM training. International electronic journal of elementary education, 10(4), 505-513. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/465
Adiastuty, N., Riyadi, M., & Nisa, A. 2021. Neuroscience study: analysis of mathematical creative thinking ability levels in terms of gender differences in vocational high school students. In Journal of Physics: Conference Series, 1933(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012072
Akgul, S., & Kahveci, N. G. 2016. A Study on the Development of a Mathematics Creativity Scale. Eurasian Journal of Educational Research, 16(62), 57–76. https://doi.org/10.32761/kjip.2018..54.004
Antonius, A., Huda, N., & Suratno, S. 2022. Pengembangan E-Modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif Untuk Siswa SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1090-1102. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1347
Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. 2020. Challenging students to improve their mathematical creativity in solving multiple solution task on challenge based learning class. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022088
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. 2018. Student’s creative thinking skill and belief in mathematics in setting challenge based learning viewed by adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61-70. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/24217
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Wafirah, M. 2023. Mengintegrasikan Challenge Based Learning Dan STEM Context Pada Video Pembelajaran Interaktif. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (4), 1-28. https://doi.org/10.1529/kp.v1i4.123
Astria, R., & Kusuma, A. B. 2023. Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112-119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647
Damianti, D. and Afriansyah, E.A. 2022. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1), 21-30. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.2958
English, L. D., & King, D. T. 2015. STEM learning through engineering design: Fourth-grade students’ investigations in aerospace. International journal of stem education, 2(14), 1-18. https://doi.org/10.1186/s40594-015-0027-7
Firdaus, Y. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. CENDEKIA, 12(1), 103-114. https://doi.org/10.37850/cendekia.v12i1.114
Fortus, D., Krajcik, J., Dershimer, R. C., Marx, R. W., & Mamlok-Naaman, R. 2005. Design-based science and real-world problem-solving. International Journal of Science Education, 27(7), 855–879. https://doi.org/10.1080/09500690500038165
Hadi, S., & Novaliyosi, N. 2019. TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Jawad, L. F., Majeed, B. H., & Alrikabi, H. T. S. 2021. The Impact of Teaching by Using STEM Approach in The Development of Creative Thinking and Mathematical Achievement Among the Students of The Fourth Scientific Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(13), 172– 188. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i13.24185
Johnson, L.F., Smith, R.S., Smythe, J.T. & Varon, R.K. 2009. Challenge-Based Learning: An Approach for Our Time. Austin, Texas: The New Media Consortium. https://www.learntechlib.org/p/182083/.
Juwantara, R. A. 2019. Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Kozlowski, J. S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. 2019. Factors that influence mathematical creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1), 505-540. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1471
Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. 2022. Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.176
Mahfudhah, A., Hamidah, D., & Wulan, E. R. 2022. E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 35-60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v10i1.2127
Nawawi, S. 2016. Potensi model pembelajaran challenge based learning dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 27–39.
Nichols, M., Cator, K., & Tores, M. 2016. Challenge Based Learner User Guide (Redwood City). Digital Promise.
Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1). https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Nufus, H., Duskri, M., & Bahrun. 2018. Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(2), 57–68. https://eric.ed.gov/?id=EJ1283917
OECD. 2015. Result from PISA 2015. From https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015- Indonesia.pdf
OECD. 2018. Result from PISA 2018. From https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Prasetya, I. G. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. 2017. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas Xi Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1).
Rachmawati, T., Laurens, T., & Moma, L. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD Negeri 40 Ambon pada Materi Bangun Datar. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(2), 91–101. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss2year2019page91-101
Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. 2019. Pengaruh metode mind mapping terhadap strategi thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Journal on Education, 1(2), 271-278. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.64
Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. 2022. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 385-394. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/download/5901/4972
Rahima, R., Kaspul, K., & Putra, A. P. 2022. Validitas dan keterbacaan peserta didik kelas X SMA terhadap pengembangan modul elektronik berbasis Flip Html5 konsep protista. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 570-580. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v16i1.1828
Ridho, A. M. R., & Setyawan, F. 2022. Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Modul. Action Research Literate, 6(2), 99-117. https://doi.org/10.46799/arl.v6i2.125
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. 2022. Pengembangan e-modul berbantu kodular pada smartphone untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859-873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. 2022. Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880
Sari, P. M., & Yarza, H. N. 2021. Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Sarifah, A. 2023. Pengembangan E-Modul Interaktif (EMODI) Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Peluang di SMPN 2 Lubuk Sikaping.
Silver, E. A. 1997. Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Simarmata, R., & Ardiansyah, A. S. 2024. Innovation of CBL-STEM based teaching materials integrated learning videos on creative thinking skills. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(1), 27-40. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.61.27-40
Sumarni, W., & Kadarwati, S. 2020. Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Sutiarso, S. 2009. Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.
Tohir, M. 2019. Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.
Vistara, M. F., Asikin, M., Ardiansyah, A. S., & Pudjiastuti, E. 2022. Problem Based Learning Berorientasi STEM Context Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 451–460. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54564
Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. 2015. Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.008
Zubaidah, S. 2018. Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1-18. https://www.researchgate.net/publication/332469989
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Asdi Elvistoni, Adi Satrio Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.