Studi Literatur Analisis Psikologi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika saat Covid-19

Authors

  • Eka Damayanti UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Lutfiana Dwi Safitri UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fina Rizqi Kamila UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Abstract

The covid 19 pandemic has changed the mathematics learning system. This greatly affects the mentality of students in receiving mathematics lessons Psychology is a science that studies soul/metal. Therefore, this study aims to describe the psychological factors that cause the inhibition of mathematical learning. This research is qualitative research with data collection using a descriptive method of literature study from books, journals, documents, and other relevant sources. The results of this study are concluded that a student’s psychological factor is greatly preening towards stunted mathematical learning. The psychological factor in question concludes emotions, interests, motivations, and self-confidence. Because mathematics is difficult and even many cannot calculate or perform multiplication properly.

References

Anditya, R. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azis, R. D. (2022). Pengaruh Respon Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Of Mathematics Education and Science, 5(1)(2621-1211), 1-13.

Bq. Nerik Prawita, D. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMP-IT Yarsi Mataram. Griya Journal Of Mathematics Education and Application.

Desi Rahmawati, D. (2022). Model Analisis Jalur terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.

Dessy Octaviani, D. (2022). Analisis Kemampuan Menalar (Reasoning) Siswa SD pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving Berbantuan Gambar. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Doni Ikhwansyah, D. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Daring Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Alas. Jurnal Media Pendidikan Matematika.

Gaol, P. L. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.

Helma, D. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP).

Izzah, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jounal Of Educational Research and Review, 210-218.

Lusiana, D. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika.

Lutfi, Kurotun, dkk. (2022). Sejarah Perkembangan Matematika Yunani Kuno dan Tokoh-Tokohnya. Jurnal Universitas Jember.

Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al-Mau'izhoh, 2(2).

Mainanda Putri Zalsabella, D. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Perasaan Tertekan pada Siswa Kelas Tujuh SMP Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.

Masrura, S. I. (2013). Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), 1-18.

Nasution, E. Y. (2018). Analisis terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Salmawati. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wawatobi. Berajah Journal, 2(2), 315-320.

Semiawan, C. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakter Dan Keunggulannya). Jakarta: Grasindo.

Siregar, N. (2017). Psikologi dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan.

Sry Kartika Br Manik, D. (2022). Perbandingan antara Media Blok Pecahan dan Media Realita terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Percontohan Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH).

Suyadi, H. N. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Usia Sekolah Dasar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 21-28.

Wandini, E. R. (2022). Analisis Perpektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa ada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4173-4181.

Warmi, A. H. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Rasa Kecemasan Matematika. Journal Homepage: http://journal.uniska.ac.id/index.php/sesiomadika.

Zulhendri. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidik

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Damayanti, E., Lutfiana Dwi Safitri, & Kamila, F. R. . (2022). Studi Literatur Analisis Psikologi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika saat Covid-19. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 76–84. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/804