Dinamika Sistem: Implementasi Berpikir Sistem dalam Paradigma Pendidikan berbasis STEAM

Authors

  • Indah Purwanti IAIN Pekalongan
  • Putri Rahadian Dyah Kusumawati IAIN Pekalongan

Keywords:

Berpikir Sistem, Dinamika Sistem, Pendidikan, STEAM

Abstract

Kemajuan inovasi teknologi seperti artificial intelligence, robotics dan big data sudah terasa nyata di kehidupan kita saat ini. Teknologi informasi menyebar dengan cepat, sebanding dengan dengan aktivitas perekonomian yang juga berjalan cepat. Akibat modernisasi yang sedang terjadi saat ini, ada berbagai ancaman bagi kehidupan manusia, seperti perubahan iklim, cyber crime, dan kerusakan ekosistem alam. Perkembangan ini membutuhkan inovasi dalam sistem pendidikan, agar manusia dapat menciptakan iklim kehidupan yang seimbang. STEAM adalah paradigma pendidikan baru yang dirancang untuk mengangkat kreativitas, kolaborasi dan ketekunan siswa dalam menyelesaikan masalah (problem-solving) jika mereka bertemu dengan dinamika kehidupan. Berpikir sistem dirancang sebagai teknik untuk membantu siswa memahami fenomena pada dinamika kehidupan tersebut. Teknik ini mengajak siswa untuk menganalisis akar masalah dari sudut pandang holistik. Media untuk memahami kerangka berpikir sistem adalah dinamika sistem, dimana model komputasi ini bertujuan untuk mensimulasikan fenomena yang terjadi pada dunia nyata. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara berpikir sistem dan pengenalan metode analisis (nonlinear) dinamika sistem. Studi literatur dari berbagai sumber tertulis dan lisan digunakan dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman baru akan berpikir sistem dengan mengunakan metode dinamika sistem dalam menganalisis sebuah fenomena yang menjadi inti dari pembelajaran STEAM.

References

Bybee, R. W. (2013). The case for STEAM Education:Challenges and Opportunity. Arlington.

Lee, S. (2020). Research on The Developmental Aspects of The Steam Education Program Development in Korea. Journal of Engineering Education Transformations, 34(2), 33–44.

Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/13955

Zubaidah, S. (n.d.). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. https://www.researchgate.net/publication/336065211

York, Sarah et.al. (2019) Application of System Thinking in STEM Education. Journal of Chemical Education, Volume 96 Issue 12 pages 2679-3044 DOI: 10.1021/acs.jchemed.9b00261

White, David W. (2014). What is STEM Education and Why Is It Important? Florida Association of Teacher Educators Journal Vol 1 Number 14 pages 1-9

Forrester, Jay W. (1992). System Dynamics and Learner Centered Learning in Kindergaten Through 12th Grade Education. Germeshausten Professor Emiritus and Senior Lecturer Sloan School of Management Massachusetts Institute of Technology.

Roychoudhury, Anita et.al (2017) The Need to Introduce System Thinking in Teaching Climate Change. Science Educator vol 25 no.2

Senge, Peter M (1990) The Fifth Discipline: The Art and Practice of The Learning Organization. Currency Doubieday: New York

Bugin, Prof. Dr. H M. Burhan (2017) Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana: Jakarta

Pranoto, Iwan dan Ihsan, Aditya F. (2020) Berpikir Majemuk dalam Matematika. Penerbit Buku Kompas: Jakarta

Reyes, Luis Felipe Luna and Andersen, Deborah Lines (2003) Collecting and Analyzing Qualitative Data for System Dynamic: Methods and Models. System Dynamics Review vol.19 no.4

Pruyt, Eric (2013) Small System Dynamics Models for Big Issues: Triple Jump Towards Real World Complexity. TU Delft Library, Delft: The Netherlands

Webinar : “Mengajarkan Berpikir Sistem kepada Anak” oleh Muhammad Tasrif dan Shanty dalam forum zoom/youtube hari Sabtu, 24 Juli 2021 Pukul 10-13.00 WIB

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Purwanti, I., & Kusumawati, P. R. D. . (2021). Dinamika Sistem: Implementasi Berpikir Sistem dalam Paradigma Pendidikan berbasis STEAM. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 297–317. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/358