Pengembangan LKS Berbasis STEM dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Authors

  • Aprilia Styasih Universitas Negeri Semarang
  • Euis Nur Hasanah Universitas Negeri Semarang
  • Khamdani Eka Bakti Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Mohammad Asikin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, STEM, Problem based Learning, Koneksi Matematika

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis STEM materi program linear dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa karena pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru kurang mampu mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode 4-D yang disesuaikan menjadi tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan) karena adanya keterbatasan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan mencapai persentase rata-rata sebesar 89,8% dengan kategori sangat layak, nilai keterbacaan mencapai persentase rata-rata 90% dengan kategori tinggi (mudah dipahami peserta didik), dan respons siswa mencapai persentase rata-rata 95% dengan kategori sangat bagus. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis STEM materi program linear dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas XI jenjang SMA/ MA. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan ada implementasi atau penerapan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Untuk kedepannya dapat dikembangkan perangkat pembelajaran lain disekolah yang terintegrasi STEM.

References

Abidin, Z. 2020. Efektivitas Pembelajaran berbasis Masalah, Pembelajaran berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52.

Afifah, A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Program Linier Bercirikan Problem based Learning untuk Membangun Kemampuan Penalaran Matematis. Educazione, 5 (1), 1-7.

Atiningsih, S. M. 2018. Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik Kelas XI. Journal of Medives, 2(1), 77-86.

Dewi, N. R. 2013. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa melalui Brain-based Learning Berbantuan Web. Prosiding SNMPM, pp. 283-292.

Efanudin, A. F. & Wibawa, S. C. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di Smk Krian 1 Sidoarjo. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(2).

Faizah, H., & Astutik, E. P. 2017. Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Software Geogebra pada Materi Program Linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (2), 103-110.

Haifaturrahmah, Hidayatullah, R., & Nurmiwati. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis STEM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 310-318. Doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604

Kaymakci, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. US-China Education Review, 57-64. Kurniawan, A. Y.,

Kartono, K., & Santoso, S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model PBL berbasis Konstruktivistik Materi SPLDV Kelas X. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 847-852). National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2014. Principles to actions: Ensuring Mathematical Success for All.

Niam, M. A., & Asikin, M. 2020. The Development of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials To Increase Mathematical Connection Ability. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 153-167.

Rizki, S., & Linuhung, N. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Program Linear berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.

Safitri, A. R., & Rejeki, S. 2019. Problem-Based Learning: Strategi Pembelajaran untuk Siswa pada Berbagai Level Kemampuan Koneksi Matematis. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 112-129.

Santoso, S. H., & Mosik, M. 2019. Kefektifan LKS berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk Melatih Keterampilan berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248-253.

Septian, A., & Komala, E. 2019. Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13.

Siregar, N. R. 2017. Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan. Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital (pp. 224-232). Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. 2018. Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93-102.

Sukmagati, O. P., Yulianti, D., & Sugianto. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 18-26. doi: https://doi.org/10.15294/upej,v9i1,38277.

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28-39.

Septian, A., & Komala, E. 2019. Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13.

Trisnawati, P., Karim, & Suryaningsih, Y. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. 169-175.

Zulaiha, F., & Kusuma, D. 2020. Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(2), 246-255.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Aprilia Styasih, Euis Nur Hasanah, Khamdani Eka Bakti, Adi Satrio Ardiansyah, & Mohammad Asikin. (2021). Pengembangan LKS Berbasis STEM dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 656–680. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/332