PAI LEARNING DEVELOPMENT THROUGH PROBLEM POSING APPROACH IN INCREASING CREATIVITY STUDENTS OF INPRES BALAKA ELEMENTARY SCHOOL GOWA REGENCY

Pengembangan Pembelajaran PAI Melalui pendekatan Problem Possing dalam meningkatkan kreativitas Siswa SD Impres Balaka Kabupaten Gowa

Authors

  • Wahyuni Iskandar Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

PAI learning development, problem posing, Student Creativity

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan agama islam adalah salah satu mata pelajaran yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum islam yang kemudian menjadi dasar kehidupan manusia melalui kegiatan, pengajaran, pengamalan dan pembiasaan. Masalah utama dalam peneletian ini yaitu bagaimana Pendekatan Problem Posing untuk meningkatkan kreativitas siswa pada siswa kelas IV SD Inpres Belaka Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas Siswa dengan pendekatan Problem Posing pada siswa kelas IV SD Inpres Belaka Desa Taeng kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana dua siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Belaka Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa sebanyak 25 siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 25 siswa hanya 4 siswa dengan persentase 16% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 61,96. Sedangkan pada siklus II dimana dari 25 siswa terdapat 23 orang atau 92% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 99,28 atau berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar melalui pendekatan problem posing dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Inpres Belaka dapat meningkat.

 

Kata Kunci: Pengembangan pembelajaran PAI, problem posing, Kreativitas Siswa

ABSTRACT

Islamic religious education is one of the subjects directed to prepare students to know, understand, live and practice Islamic law which then becomes the basis of human life through activities, teaching, practice and habituation. The main problem in this study is how the Posing Problem Approach to increase student creativity in the fourth grade students of SD Inpres Semata Taeng Village, Pallangga District, Gowa Regency. This research aims to increase student creativity with the Problem Posing approach in fourth grade students of SD Inpres Semata Taeng Village, Pallangga District, Gowa Regency.  This type of research is a class action reaserch research consisting of two cycles where two cycles are carried out as many as two meetings. Research procedures include planning, implementation of actions, observation and reflection. The subject in this study was the fourth grade students of SD Inpres Semata Taeng Village, Pallangga District, Gowa Regency as many as 25 students. The results of this study showed that in the first cycle that was completed individually from 25 students only 4 students with a percentage of 16% who met the minimum completion criteria (KKM) or were in a very low category. Classically unfulfilled because the average value was obtained at 61.96. While in cycle II where out of 25 students there are 23 people or 92% have met KKM and classically have been fulfilled, namely the average score obtained is 99.28 or is in a very high category.  Based on the results of the above research, it can be concluded that learning outcomes through a problem posing approach can increase the creativity of students in the fourth grade of SD Inpres Semata can increase.

 

Keywords: PAI learning development, problem posing, Student Creativity

References

Abbas, N. 2011. Pendidikan Agama Isalam Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta:pusat kurikulum dan pembukuan, Kementrian Pendidikan Nasional

Ahmad. 2014 Tafsir, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam.

Hobri. 2014 Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Suyatno, 2014 Menjelajah Pembelajaran Inovatif.

Upu, H. 2014. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika.

Waluyo, E, B. 2013. “Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SD.

Downloads

Published

2022-07-19