IMPLICATIONS OF USING MAHARATUL ISTIMA' ARABIC LEARNING MEDIA BASED ON YOUTUBE APPLICATIONS IN 21st CENTURY LEARNING
Keywords:
digital learning media, maharatul ijtima, youtube applicationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran digital bahasa Arab Maharatul Istima’ berbasis aplikasi YouTubepada pembelajaran abad 21. (2) mengidentifikasi implikasi penggunaan aplikasi YouTubedalam pembelajaran digital bahasa Arab Maharatul Istima’ pada abad 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode studi literatur - studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi YouTubesebagai media pembelajaran Maharatul Istima’ berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran, akan tetapi dapat memberatkan dari sisi ekonomi pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan aplikasi YouTubesebagai media dalam pembelajaran Maharatul Istima’ pada abad 21 sangat diminati oleh penggemar bahasa Arab, terbukti dari salah satu video kartun berbahasa Arab yang telah ditonton sebanyak 72.000 viewers pada SFH Channel dan memiliki 4,04 ribu subscriber. (2) media pembelajaran Maharatul Istima’ menggunakan aplikasi YouTube berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan mengatasi kejenuhan dalam media pembelajaran konvensional. Akan tetapi penggunaan aplikasi YouTubememberatkan pengguna dari segi ekonomi karena harus menggunakan jaringan yang memadai dan mengeluarkan biaya lebih besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada aplikasi lain yang dapat digunakan sebagai media dalam Maharatul Istima’ diantaranya; TikTok, Spotify, IGTV. Karena fitur dari tiga aplikasi tersebut menampilkan video dengan durasi yang tidak terlalu panjang sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu maupun biaya.
Kata kunci: Media pembelajaran digital, Maharatul Istima’, Aplikasi YouTube.
Abstrac
The aims of this study are to: (1) describe the use of digital media learning Arabic Maharatul Istima' based on the YouTube application in 21st century learning. (2) identify the implications of using YouTube applications in digital learning of Maharatul Istima' Arabic in the 21st century. This research uses this type of research. Qualitative research is carried out using the literature study method - literature study. The results of this study indicate that the use of the YouTube application as a learning medium for Maharatul Istima' has implications for improving the quality of learning, but can be burdensome from the economic side of application users. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that (1) the use of the YouTube application as a medium in learning Maharatul Istima' in the 21st century is in great demand by Arabic fans, as evidenced by one of the Arabic-language cartoon videos that has been watched by 72,000 viewers on the SFH Channel and has 4.04 thousand subscribers. (2) Maharatul Istima' learning media using the YouTube application has implications for improving the quality of learning and overcoming boredom in conventional learning media. However, the use of the YouTube application burdens users from an economic point of view because they have to use an adequate network and incur more costs. To overcome these problems, there are other applications that can be used as media in Maharatul Istima' including; TikTok, Spotify, IGTV. Because the features of the three applications display videos with a duration that is not too long so it is more effective and efficient in terms of time and cost.
Keywords: Digital learning media, Maharatul Istima', YouTube Application
References
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N.
(2020). Metode-Metode Dalam
Pembelajaran Keterampilan
Bahasa Arab Reseptif. Urwatul
Wutsqo: Jurnal Studi
Kependidikan Dan Keislaman,
(2).
https://doi.org/10.54437/urwatul
wutsqo.v9i2.181
Suwardi, B. dan. (2008). Memahami
Penelitian Kualitatif. PT.
RINEKA CIPTA.
Chandra, E. (2018). YOUTUBE,
CITRA MEDIA INFORMASI
INTERAKTIF ATAU MEDIA
PENYAMPAIAN ASPIRASI
PRIBADI. Jurnal Muara Ilmu
Sosial, Humaniora, Dan Seni,
(2).
https://doi.org/10.24912/jmishu
msen.v1i2.1035
Setyawan, C. E. (2020). ARAH
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN BAHASA
ARAB ABAD 21. Al-Manar,
(1).
https://doi.org/10.36668/jal.v9i1
.133
Fathoni, M. (2018).
PEMBELAJARAN
MAHARAH ISTIMA’. Jurnal
Ihtimam, 1(1).
https://doi.org/10.36668/jih.v1i1
.162
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020).
Pembelajaran Maharah AlIstima’ dengan Memanfaatkan
Media Youtube: Problematika
dan Solusi. Al-Ta’rib : Jurnal
Ilmiah Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab IAIN
Palangka Raya, 8(2).
https://doi.org/10.23971/altarib.
v8i2.2282
Juitania, J., & Indrawan, I. G. A.
(2020). Dampak Penggunaan
Konten Youtube terhadap Minat
Belajar Bahasa Inggris
Mahasiswa Universitas
Pamulang. SAP (Susunan
Artikel Pendidikan), 5(1).
https://doi.org/10.30998/sap.v5i
6539
Kosbandhono, E. (2013). Esesmen
dan Evaluasi untuk Maharah
Istima’. Arabia, 5(1).
Lestari, R. (2013). Penggunaan
Youtube sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Inggris.
Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan
Seminar Nasional Kedua
Pendidikan Berkemajuan Dan
Menggembirakan (The Second
Progressive and Fun Education
Seminar).
Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I.
(2018). Spotify: Aplikasi Music
Streaming untuk Generasi
Milenial. Jurnal Komunikasi,
(1).
https://doi.org/10.24912/jk.v10i
1102
https://doi.org/10.18196/mht.v3i
11362
Novi, R. (2019). Pengaruh Media
Audio Visual Terhadap
Pemahaman Maharah Istima. IQ
(Ilmu Al-Qur’ an): Jurnal
Pendidikan Islam., II.
Ramadhan, R. (2020). Aplikasi
TikTok Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Arab
Baru di Zaman Digital. Jurnal
Ilmu Pendidikan.
Afifah, U. N. (2021). MEDIA
PEMBELAJARAN
MAHARAH ISTIMA’
BERBASIS VIDEO ANIMASI
UNTUK SISWA MADRASAH
IBTIDAIYAH. Semnasbama,
(0).
Nursapia. (n.d.). Penelitian
Kepustakaan. Jurnal Iqra’, VIII.
Hamid, P. (2007). Metode Penelitian
Kualitatif. Alfabeta.
Rahmasari, H. (2021). Penggunaan
Media Youtube sebagai Solusi
Media Pembelajaran Bahasa
Arab di Masa Pandemi.
Maharaat: Jurnal Pendidikan
Bahasa Arab, 3(1).
.
Febriani, S. R., & Masyitah, S.
(2019). Analisis Keterampilan
Abad Ke-21 Dalam Proses
Pembelajaran Bahasa Arab Di
Sekolah Dasar. Prosiding
Konferensi Nasional Bahasa
Arab V.
Rasman. (2021). Penggunaan Yotube
Sebagai Media Pembelajaran
Bahasa Inggris Pada Masa
Pandemi Covid 19. Edutech:
Jurnal Inovasi Pendidikan
Berbantuan Teknologi, I.
Saputra, H., Marsiah, M., & El Bilad,
C. Z. (2021). Analisis Kualitas
Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan
@kursus_arab_alazhar Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab
Online. El-Tsaqafah : Jurnal
Jurusan PBA, 20(1).
https://doi.org/10.20414/tsaqaf
ah.v20i1.3107
Sari, R., & Muassomah, M. (2020).
Implementasi Media AudioVisual dalam Pembelajaran
Istima‘. Alsina : Journal of
Arabic Studies, 2(2).
https://doi.org/10.21580/alsina.2
.2.4961
Sutarti, T., & Astuti, W. (2021).
Dampak Media Youtube dalam
Prosws Pembelajaran dan
Pengembangan Kreatifitas Bagi
Kaum Milenial. Industry and
Higher Education, 3(1).
Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan
Media Pembelajaran Bahasa
Arab Berbasis Audio Visual
Untuk Meningkatkan Maharah
Istima’ Pada Siswa-Siswi
Madrasah Ibtidaiyah.
Awwaliyah: Jurnal Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah,
(2).
Moh, T. (2018). Optimalisasi
Pembelajaran Bahasa Arab
(Analisis Kendala-kendala Dan
Solusi Kreatif Pembelajaran
Maharatul Istima’ Dan
Maharatul Kalam Terhadap
Mahasiswa Prodi Pendidikan
Bahasa Institut Ilmu Keislaman
Annuqayah, Sumenep. HMJ
Jurusan Sastra Arab Fakultas
Sastra Universitas Negeri
Malang.
Ubaidillah. (2020). Pembelajaran
Maharah Istima’ Berbasis
Online: Blended Learning
dalam Istima. Al-Ittijah Jurnal
Keilmuan Dan Kependidikan
Arab, XII.
Wulandari, Y. K. (2017).
Penggunaan Media YouTube
Dalam Pembelajaran Menyimak
Bahasa Perancis. Universitas
Pendidikan Indonesia:
repository.edu
perpustakaan.upi,edu.
repository.edu
perpustakaan.upi,edu.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., &
Nyoto, A. (2016). Transformasi
Pendidikan Abad 21 Sebagai
Tuntutan Pengembangan
Sumber Daya Manusia di Era
Global. Prosding Seminar
Nasional Pendidikan
Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan
Matematika 2016- Universitas
Kanjuruhan Malang, 1.