IMPLICATIONS OF USING MAHARATUL ISTIMA' ARABIC LEARNING MEDIA BASED ON YOUTUBE APPLICATIONS IN 21st CENTURY LEARNING

Authors

  • Ahmad taufiq IAIN PEKALONGAN
  • arrum wijaya UIN KH Abdurrahman wahid pekalongan
  • nginayatul khasanah IAINU Kebumen
  • durotul khikmah UIN KH Abdurrahman wahid pekalongan

Keywords:

digital learning media, maharatul ijtima, youtube application

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran digital bahasa Arab Maharatul Istima’ berbasis aplikasi YouTubepada pembelajaran abad 21. (2) mengidentifikasi implikasi penggunaan  aplikasi YouTubedalam pembelajaran digital bahasa Arab Maharatul Istima’ pada abad 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode studi literatur - studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi YouTubesebagai media pembelajaran Maharatul Istima’ berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran, akan tetapi dapat memberatkan dari sisi ekonomi pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan aplikasi YouTubesebagai media dalam pembelajaran Maharatul Istima’ pada abad 21 sangat diminati oleh penggemar bahasa Arab, terbukti dari salah satu video kartun berbahasa Arab yang telah ditonton sebanyak 72.000 viewers pada SFH Channel dan memiliki 4,04 ribu subscriber. (2) media pembelajaran Maharatul Istima’ menggunakan aplikasi YouTube berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan mengatasi kejenuhan dalam media pembelajaran konvensional. Akan tetapi penggunaan aplikasi YouTubememberatkan pengguna dari segi ekonomi karena harus menggunakan jaringan yang memadai dan mengeluarkan biaya lebih besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada aplikasi lain yang dapat digunakan sebagai media dalam Maharatul Istima’  diantaranya; TikTok, Spotify, IGTV. Karena fitur dari tiga aplikasi tersebut  menampilkan video dengan durasi yang tidak terlalu panjang sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu maupun biaya.

Kata kunci: Media pembelajaran digital, Maharatul Istima’, Aplikasi YouTube.

Abstrac

The aims of this study are to: (1) describe the use of digital media learning Arabic Maharatul Istima' based on the YouTube application in 21st century learning. (2) identify the implications of using YouTube applications in digital learning of Maharatul Istima' Arabic in the 21st century. This research uses this type of research. Qualitative research is carried out using the literature study method - literature study. The results of this study indicate that the use of the YouTube application as a learning medium for Maharatul Istima' has implications for improving the quality of learning, but can be burdensome from the economic side of application users. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that (1) the use of the YouTube application as a medium in learning Maharatul Istima' in the 21st century is in great demand by Arabic fans, as evidenced by one of the Arabic-language cartoon videos that has been watched by 72,000 viewers on the SFH Channel and has 4.04 thousand subscribers. (2) Maharatul Istima' learning media using the YouTube application has implications for improving the quality of learning and overcoming boredom in conventional learning media. However, the use of the YouTube application burdens users from an economic point of view because they have to use an adequate network and incur more costs. To overcome these problems, there are other applications that can be used as media in Maharatul Istima' including; TikTok, Spotify, IGTV. Because the features of the three applications display videos with a duration that is not too long so it is more effective and efficient in terms of time and cost.

 

Keywords: Digital learning media, Maharatul Istima', YouTube Application

References

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N.

(2020). Metode-Metode Dalam

Pembelajaran Keterampilan

Bahasa Arab Reseptif. Urwatul

Wutsqo: Jurnal Studi

Kependidikan Dan Keislaman,

(2).

https://doi.org/10.54437/urwatul

wutsqo.v9i2.181

Suwardi, B. dan. (2008). Memahami

Penelitian Kualitatif. PT.

RINEKA CIPTA.

Chandra, E. (2018). YOUTUBE,

CITRA MEDIA INFORMASI

INTERAKTIF ATAU MEDIA

PENYAMPAIAN ASPIRASI

PRIBADI. Jurnal Muara Ilmu

Sosial, Humaniora, Dan Seni,

(2).

https://doi.org/10.24912/jmishu

msen.v1i2.1035

Setyawan, C. E. (2020). ARAH

PERENCANAAN

PEMBELAJARAN BAHASA

ARAB ABAD 21. Al-Manar,

(1).

https://doi.org/10.36668/jal.v9i1

.133

Fathoni, M. (2018).

PEMBELAJARAN

MAHARAH ISTIMA’. Jurnal

Ihtimam, 1(1).

https://doi.org/10.36668/jih.v1i1

.162

Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020).

Pembelajaran Maharah AlIstima’ dengan Memanfaatkan

Media Youtube: Problematika

dan Solusi. Al-Ta’rib : Jurnal

Ilmiah Program Studi

Pendidikan Bahasa Arab IAIN

Palangka Raya, 8(2).

https://doi.org/10.23971/altarib.

v8i2.2282

Juitania, J., & Indrawan, I. G. A.

(2020). Dampak Penggunaan

Konten Youtube terhadap Minat

Belajar Bahasa Inggris

Mahasiswa Universitas

Pamulang. SAP (Susunan

Artikel Pendidikan), 5(1).

https://doi.org/10.30998/sap.v5i

6539

Kosbandhono, E. (2013). Esesmen

dan Evaluasi untuk Maharah

Istima’. Arabia, 5(1).

Lestari, R. (2013). Penggunaan

Youtube sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Inggris.

Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan

Seminar Nasional Kedua

Pendidikan Berkemajuan Dan

Menggembirakan (The Second

Progressive and Fun Education

Seminar).

Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I.

(2018). Spotify: Aplikasi Music

Streaming untuk Generasi

Milenial. Jurnal Komunikasi,

(1).

https://doi.org/10.24912/jk.v10i

1102

https://doi.org/10.18196/mht.v3i

11362

Novi, R. (2019). Pengaruh Media

Audio Visual Terhadap

Pemahaman Maharah Istima. IQ

(Ilmu Al-Qur’ an): Jurnal

Pendidikan Islam., II.

Ramadhan, R. (2020). Aplikasi

TikTok Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Arab

Baru di Zaman Digital. Jurnal

Ilmu Pendidikan.

Afifah, U. N. (2021). MEDIA

PEMBELAJARAN

MAHARAH ISTIMA’

BERBASIS VIDEO ANIMASI

UNTUK SISWA MADRASAH

IBTIDAIYAH. Semnasbama,

(0).

Nursapia. (n.d.). Penelitian

Kepustakaan. Jurnal Iqra’, VIII.

Hamid, P. (2007). Metode Penelitian

Kualitatif. Alfabeta.

Rahmasari, H. (2021). Penggunaan

Media Youtube sebagai Solusi

Media Pembelajaran Bahasa

Arab di Masa Pandemi.

Maharaat: Jurnal Pendidikan

Bahasa Arab, 3(1).

.

Febriani, S. R., & Masyitah, S.

(2019). Analisis Keterampilan

Abad Ke-21 Dalam Proses

Pembelajaran Bahasa Arab Di

Sekolah Dasar. Prosiding

Konferensi Nasional Bahasa

Arab V.

Rasman. (2021). Penggunaan Yotube

Sebagai Media Pembelajaran

Bahasa Inggris Pada Masa

Pandemi Covid 19. Edutech:

Jurnal Inovasi Pendidikan

Berbantuan Teknologi, I.

Saputra, H., Marsiah, M., & El Bilad,

C. Z. (2021). Analisis Kualitas

Instagram

Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan

@kursus_arab_alazhar Dalam

Pembelajaran Bahasa Arab

Online. El-Tsaqafah : Jurnal

Jurusan PBA, 20(1).

https://doi.org/10.20414/tsaqaf

ah.v20i1.3107

Sari, R., & Muassomah, M. (2020).

Implementasi Media AudioVisual dalam Pembelajaran

Istima‘. Alsina : Journal of

Arabic Studies, 2(2).

https://doi.org/10.21580/alsina.2

.2.4961

Sutarti, T., & Astuti, W. (2021).

Dampak Media Youtube dalam

Prosws Pembelajaran dan

Pengembangan Kreatifitas Bagi

Kaum Milenial. Industry and

Higher Education, 3(1).

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Bahasa

Arab Berbasis Audio Visual

Untuk Meningkatkan Maharah

Istima’ Pada Siswa-Siswi

Madrasah Ibtidaiyah.

Awwaliyah: Jurnal Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah,

(2).

Moh, T. (2018). Optimalisasi

Pembelajaran Bahasa Arab

(Analisis Kendala-kendala Dan

Solusi Kreatif Pembelajaran

Maharatul Istima’ Dan

Maharatul Kalam Terhadap

Mahasiswa Prodi Pendidikan

Bahasa Institut Ilmu Keislaman

Annuqayah, Sumenep. HMJ

Jurusan Sastra Arab Fakultas

Sastra Universitas Negeri

Malang.

Ubaidillah. (2020). Pembelajaran

Maharah Istima’ Berbasis

Online: Blended Learning

dalam Istima. Al-Ittijah Jurnal

Keilmuan Dan Kependidikan

Arab, XII.

Wulandari, Y. K. (2017).

Penggunaan Media YouTube

Dalam Pembelajaran Menyimak

Bahasa Perancis. Universitas

Pendidikan Indonesia:

repository.edu

perpustakaan.upi,edu.

repository.edu

perpustakaan.upi,edu.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., &

Nyoto, A. (2016). Transformasi

Pendidikan Abad 21 Sebagai

Tuntutan Pengembangan

Sumber Daya Manusia di Era

Global. Prosding Seminar

Nasional Pendidikan

Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan

Matematika 2016- Universitas

Kanjuruhan Malang, 1.

Downloads

Published

2022-07-21