The Role of the Gang Nagji Community in Fostering Islamic Character Among Indonesian Yogyakarta Youths

Authors

  • Faris Abdurrasyid Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Azis Universitas Ahmad Dahlan
  • Mukhlis Muhammad Rangkuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Waharjani

Keywords:

peran komunitas Gangs Ngaji, pembinaan karakter Islami, Gen Yogyakarta

Abstract

Karakter Islam generasi muda di Indonesia saat ini mulai menurun. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang masuk mempengaruhi karakter generasi muda saat ini. Komunitas Gang Ngaji adalah komunitas yang mengelola pemuda agar memiliki karakter Islami untuk mencapai Islam yang sejati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunitas Gang Ngaji dalam menumbuhkan karakter Islam pada generasi muda Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah komunitas Gang Ngaji. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan para pendiri Gangs Ngaji. Analisis data menggunakan metode deskripsi analitis dimana hasil data yang telah terkumpul dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Gang Ngaji memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan karakter Islami pada generasi muda Yogyakarta, Indonesia dengan program-program yang direncanakan.  Program yang dilakukan oleh komunitas Gang Ngaji seperti sedekah jumat, ngopi santai, serta ngaji kitab, sehingga dari program yang dirancang komunitas Gang Ngaji menjadikan para pemuda Yogyakarta Indonesia memiliki jiwa karakter muslim baik karakter terhadap pencipta yakni Allah Ta’ala maupun karakter terhadap makhluk ciptaan Allah Ta’ala. Karakter kepada Allah meliputi karakter aqidah, sedangkan  karakter terhadap makhluk meliputi karakter terhadap diri sendiri, keluarga, tetangga, serta hubungan di tengah masyarakat.

The Islamic character of the younger generation in Indonesia is currently starting to decline. This is because technological developments that enter affect the character of today's young generation. The Gang Ngaji Community is a community that manages youth to have an Islamic character to achieve true Islam. This study aims to find out the role of the Gang Ngaji community in cultivating Islamic character in the younger generation of Yogyakarta. This type of research is field research with a qualitative approach. The subjects of this research are the Gang Ngaji Community . Data was collected by using interview and observation techniques. Interviews were conducted with the founders of Gangs Ngaji. Data analysis used the analytical description method where the results of the data that had been collected were analyzed and presented descriptively. The results of this study indicate that the Gang Ngaji community has a very important role in growing Islamic character in the younger generation of Yogyakarta, Indonesia with planned programs. Programs carried out by the Gang Ngaji community such as Friday alms, casual coffee, and koran reading, so that the program designed by the Gang Ngaji community makes the youth of Yogyakarta Indonesia have a Muslim character, both character towards the creator, namely Allah Ta'ala and character towards Allah's creatures. Exalted. Character to Allah includes the character of aqidah, while the character to creatures includes character to oneself, family, neighbors, and relationships in society.

 

References

Alashari, M., & Rahman, M. M. (2021). Character of The Muslim: How It Should Be. August.

Arianto, G. R. (2022). Hasil Wawancara pada 6 Juni 2022.

Asvin, M. A. R., & Sungkono. (2022). Konsep Arti Islam dalam Al-Qur’an. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 2(2), 50–64.

Bennet, L. R. (2007). Zina and the Enigma of Sex Education for Indonesian Muslim Youth. Sex Education, 7(4), 371–386. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/14681810701635970

Ghani, A. A., Selamah, M., Ahmad, R. M. S., Norazlina, A. W., Bashir, A. A., Abdullah, N., Safiah, N., & Hanim, E. N. (2019). Proposing an Enhanced Youth Training Module for Fostering Spiritual Foundation. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, Volume 16, 16(12), 5014–5019. https://doi.org/https://doi.org/10.1166/jctn.2019.8557

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Marzuki. (2010). Konsep Agama Islam. FIS UNY.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291–316.

Munawwir, A. W. (1984). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Pustaka Progesif.

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 01(01), 119–133. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Pahlevi, R. (2022). Jumlah Kasus dan Pelaku Klitih di Jogja Meningkat pada 2021. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/04/06/Jumlah-Kasus-Dan-Pelaku-Klitih-Di-Jogja-Meningkat-Pada-2021.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-10