KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANGKAL IDEOLOGI TRANSNASIONAL KEAGAMAAN DI INDONESIA

Authors

  • Mohammad Syaifuddin IAIN Pekalongan

Keywords:

Pendidikan Islam, Ideologi Transnasional, keagamaan

Abstract

Islam sebagai agama rahmatan lilalamin yang mayoritas dipeluk oleh bangsa Indonesia sekaligus sebagai umat Islam terbesar di dunia ternyata memiliki berbagai problematika terkait keberagamaannya. Problem itu antara lain merebaknya ideologi transnasional yang menyebabkan aksi-aksi teroris dengan pemahaman radikal dan fundamental dalam memahami Islam. Dalam hal ini, penulis melakukan sebuah penelitian melalui kegiatan pustaka mencari dan mengkaji berbagai buku, pemikiran para tokoh cendekiawan muslim, organisasi keagamaan Islam, undang-undang, peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pencegahan ideologi transnasional di Indonesia. Hasil penelitian yang di dapati oleh penulis ialah upaya efektif dalam rangka pencegahan dan penanggulangan ideologi transnasional di Indonesia dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pendidikan dan pengajaran Islam di sekolah, madrasah atau lembaga-lembaga pendidikan Islam baik formal maupun nonformal. Lembaga-lembaga pendidikan Islam yang mencapai ratusan ribu di Indonesia memiliki peran fital dalam mengkader anak dan remaja muslim. Sedangkan proses pengajaran agama Islam yang diajarkan lebih menekankan pada prinsip wasatiyah atau moderat dalam beragama

References

Abdul Munip, “Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah”, Jurnal Pendidikan Islam, Volume I, Nomor 2, Desember 2012/1434.

Ach. Syaikhu, “Pergulatan Organisasi Islam dalam Membendung Gerakan Ideologi Islam Transnasional”, Falasifa. Vol.3, No. 1 Maret 2012.

Ani W. Soetjipto (ed), HAM dan Politik Internasional; Sebuah Pengantar, (Jakarta: Pustaka Obor, 2015), https://books.google.co.id.

Azyumardi Azra, Dari Harvard Hingga Makkah, (Jakarta: Republika, 2005), https://books.google.co.id.

Eliana Sari, “The Role Of Environmental Management Education In Islamic Boarding Schools (Pesantren) In Preventing The Radicalism Of Students In Indonesia”, International Journal of Education and Research, Vol. 4, No. 7 July 2016.

Endang Turmudi, Riza Sihbudi (ed), Islam dan Radikalisme di Indonesia, (Jakarta: Lipi Press, 2005), https://books.google.co.id.

http://kbbi.kemdikbud.go.id.

http://nasional.news.viva.co.id, Ridho Permana (red), “Indonesia dalam Ancaman Serius Dua Ideologi Transnasional”, publikasi Selasa, 16 Februari 2016.

http://www.kemendagri.go.id, “Kemendagri Akan Revisi RUU Ormas”, Kamis, 01 Desember 2016.

http://www.nu.or.id, Abdullah Alawi (red), “Ideologi Transnasional Ancam Persatuan Indonesia”, publikasi Rabu, 20 Agustus 2014.

http://www.uinjkt.ac.id, “Radikalisme Islam Menyusup ke SMU”, publikasi 23/10/2009.

Irfan Noor, “Islam Transnasional dan Masa Depan NKRI; Suatu Perspektif Filsafat Politik”, Ilmu Ushuluddin, Januari 2011, Vol. 10, No. 1.

M. Rikza Chamami, “Pendidikan Ramah Kebangsaan”, Suara Merdeka, Jumat, 18 November 2016.

Masdar Hilmy, “Akar-Akar Transnasionalisme Islam HTI”, Islamica, Vol. 6, No. 1, September 2011.

Muh. Khamdan, “Pengembangan Nasionalisme Keagamaan Sebagai Strategi Penanganan Potensi Radikalisme Islam Transnasional”, Addin, Vol. 10, No. 1, Februari 2016.

Mujib Ridlwan, Revitalisasi Peran Profetik Pesantren Dalam Membendung Radikalisme Agama, Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Volume 3, Nomor 1, Maret 2013.

Nasaruddin Umar, Perkembangan Paham Keagamaan Transnasional diIndonesia, Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Jakarta 2011, Ahmad Syafi’i Mufid (ed).

Nur Syam, Tantangan Multikulturalisme Indonesia; Dari Radikalisme menuju Kebangsaan, (Yogyakarta; Kanisius, 2013), https://books.google.co.id.

Tim Pusat Studi Pancasila UGM dan Universitas Pattimura Ambon, Prosiding Kongres Pancasila VI: Penguatan, Sinkronisasi, Harmonisasi, Integrasi Kelembagaan dan Pembudayaan Pancasila dalam Rangka Memperkokoh Kedaulatan Bangsa, Endro Muhaimin, Hastangka, dkk (ed), Ambon 31 Mei-01 Juni 2014, ( Jogjakarta: Pusat Studi Pancasila (PSP) Press UGM, 2014), https://books.google.co.id.

Toto Suharto, “Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU Sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia”, Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Volume 9, Nomor 1, September 2014.

Toto Suharto, Ja’far Assagaf, “Membendung Arus Paham Keagamaan Radikal di Kalangan Mahasiswa PTKAIN”, Al-Tahrir, Vol. 14, No. 1 Mei 2014.

Published

2022-10-10