THE ROLE OF PARENTAL COMMUNICATION IN PREVENTION SEXUAL VIOLENCE IN EARLY CHILDHOOD AT TK TUNAS HARAPAN SOKOSARI

Authors

  • Tasya Anjani Swara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Triana Indrawati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mutammam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Alimin UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

parental communication, prevention of sexual violence, childhood

Abstract

Sexual violence in early childhood is a serious problem that can have a negative impact on the physical and psychological development of children. At Tunas Kindergarten Sokosari hopes that there are still many parents who have not implemented the efforts preventing sexual violence against children through established communication parents towards children. The purpose of this research is to determine the role Parental communication is built on children as a form of prevention sexual violence and factors supporting and inhibiting people's communication parents carried out to prevent sexual violence in early childhood in Tunas Harapan Sokosari Kindergarten. The type of research applied is (field research). Data collection techniques used in this research is by interviews, observation and documentation. The result is a role Parental communication in preventing sexual violence in early childhood At Tunas Harapan Sokosari Kindergarten there are five important aspects, namely aspects listening, statement, openness, sensitivity, and feedback. Factor supporters, building smooth and open communication. Factor The obstacles are parental education, taboo and lack of time.

References

Abdul Kodir, Dasar-Dasar Komunikasi, (Jakarta : Jurnal Komunikasi, No.1, Juli, 2017)

Ade Setya, Eko Nusantoro, Mulawarman, Persepsi Siswa Mengenai Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepekaan Sosial, (Semarang : Universitas Semarang : Indonesian Journal of Guidance and Conseling, September, 2018)

Ambar Wulan Sari, Pentingnya Keterampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif, (Sumatera Utara : Jurnal EduTech, Vol.2 , No.1, Maret, 2016)

Annisa Chika, Mendidik Anak dengan Pendekatan Umpan Balik Positif, (Jakarta : Binus University, Juli 2023)

CNN Indonesia, KemenPPPA : RI Darurat Kekerasan Seksual Anak , 9.588 Kasus Selama 2022 https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230127173509-20-905780/kemenpppa-ri-darurat-kekerasan-seksual-anak-9588-kasus-selama2022#:~:text=Berdasarkan%20catatan%20KemenPPPA%2C%20kasus%20kekerasantahun%20sebelumnya%2C%20yakni%204.162%20kasus,(diakses tanggal 28 januari 2021).

Dadang Hawari, Kekerasan Seksual pada Anak , (Jakarta : UI Press)

Desriani. 2020. Faktor Penghambat Komunikasi Efektif Antara Orang Tua dan Anak (Semarang : UIN Walisongo : Skripsi PIAUD)

Djudjur Luciana R, Yayu Sriwartini, Peran Orang Tua Menyikapi Pornografi Pada Remaja Melalui Komunikasi Efektif, ( Jakarta : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No.2, 2020)

Eka Ayuningtyas, Rodiyah, Lalu Parman , Konsep Pencabulan Vernal dan Non Verbal Dalam Hukum Pidana , (Mataram : Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, No.3, Agustus,2019)

Fajar Dwi, Keterbukaan Komunikasi Interpersonal Terhadap Semangat Kerja, (Bandung : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019)

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan, Pedoman Penulisan Skripsi, (Pekalongan : IAIN Pekalongan, 2019)

Fitri Ma’aliya, Model Pendidikan Seksual Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Dini Di Desa Banjiran Kecamatan Warungasem, (IAIN Pekalongan, 2021)

Hadi Sabaei Yunus, Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer (Yogyakarta : PustakaPelajar, 2010)

I Made Wiratha, Pedoman Penulisan : Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis (Jakarta : Gaung Pres, 2008)

Indah Purnama Sari, Pencegahan Kekerasan Seksual Melalui Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Usia 4-7 Tahun di Kampung Pasirandu Kabupaten Tangerang, (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2022)

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif) (Jakarta : Gaung Press, 2008)

Istina Rakhmawati, Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak, (Kudus, Jawa Tengah : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, No.1, Juni, 2015)

Ivo Noviana, Kekerasan Seksual Terhadap Anak : Dampak Dan Penanganannya , (Cawang, Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementrian Sosial RI, 10 Maret, 2015)

Ivo Noviana, Kekerasan Seksual Terhadap Anak : Dampak Dan Penanganannya , (Cawang, Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementrian Sosial RI, 10 Maret, 2015)

Johni Dimyati, “Metodologi...” Johni Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2013)

Kayus Kayowuan, M.Helmi, Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak, (Jakarta : Jurnal Esensi Hukum, No.1, Juni, 2020)

Kristi Purwandari, Penguatan psikologis untuk Menanggulangi Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Kekerasan Seksual, (Jakarta : Program Kajian Wanita Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016)

Lusiana Herda, Kesenjangan Orang Tua Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif Kepada Anak, (Salatiga : Seekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu, November 2021)

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : Pustaka Setia, 2012)

Mansur . 2019. Pendidikan Anak Usia Dini daam Islam (Yogyakarta : Pustaka Pelajar).

Maria Ulfa, Buyung S, Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring, (Medan : Jurnal Warta Dharmawangsa, No. 1, Januari, 2021)

Meni Handayani, Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak, (Jakarta : Vol.12, No.1, 2017)

Meni Handayani, Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak, (Jakarta : Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS - Vol. 12, No. 1, Juni 2017)

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung: Rosdakarya, 2010 )

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta : Prestasi Pustaka, 2012)

Neng Lani Ligina, Ai Mardhiyah, Ikeu Nurhidayah, Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung, (Bandung : Jurnal Umm, 2018)

Nikodemus Thomas Martoredjo, Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif dalam Komunikasi Interpersonal, (Jakarta : Binus University, Vol.5, No.1, April, 2018)

Nina Nuranisa, Komunikasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, (Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2023)

Noorika Retno Widuri, Peran Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Pembinaan Minat Baca Sejak Dini, (Bogor : Pustakawan Perpustakaan Puslit Biologi, LIPI Bogor)

Nurhasanah Bakthiar, Nurhayati, Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Menurut Hadist Nabi, (Riau : Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.3, No.1, Juni 2020)

Ratna Zakiyah, Yayi Suryo Prabandari, Atik Triratnawati, Tabu, Hambatan Budaya Pendidikan Seksualitas Dini Pada Anak di Kota Dumai, (Riau : Berita Kedokteran Masyarakat : BKM Journal of Community Medicine and Public Health, No.9, April, 2016)

Reni Dwi Septiani, Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini, (Surakarta : Jurnal Pendidikan Anak, 2021)

Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif (Sulawesi : Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2010)

Sari, A.P, “Penyebab Kekerasan Seksual terhadap Anak dan Hubungan dengan Pelaku” diakses dari http://kompas.com/indeks.php/red

Siti Rofikoh, Strategi Komunikasi Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak, (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2018)

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan : Pendidkan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&B (Bandung : Alfabeta, 2008)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)

Sulistyowati irianto, Iva Kusuma, Yvonne Kezia D.Nafi., Melawan Kekerasan Seksual, Cet.1 (Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2020)

Sumadi Suryabrata, Metode Penelitian (Jakarta : PT Grafindo Persada, 2008)

Downloads

Published

2024-06-06